get app
inews
Aa Read Next : Dicecar 35 Pertanyaan, Iwan Bule Kembali Diperiksa Penyidik Selama 4,5 Jam

7 Tragedi yang Menimpa Suporter Sepakbola Indonesia, Tragedi Kanjuruhan Paling Banyak Menelan Korban

Selasa, 04 Oktober 2022 | 12:52 WIB
header img
Tujuh tragedi yang menimpa suporter sepak bola Indonesia, Tragedi Kanjuruhan paling banyak menelan korban jiwa. (Foto: DOK.iNews.id)

5. Seragen

Ratusan pendukung Persebaya Surabaya, atau sering disebut Bonek Mania, menghadang puluhan suporter Arema yang akan berangkat ke Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta. Dua orang anggota Aremania tewas dalam insiden penyerangan itu. 

Bentrokan antara Aremania dan Bonekmania terjadi di dua lokasi, yakni di SPBU Jatisumo, Kecamatan Sambungmacan, perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur dan Desa Nglorok, Sragen, Sabtu (19/12/2015) sekitar pukul 04.30 WIB.

4. GBLA Bandung 2018

Satu orang meninggal dunia karena dikeroyok di halaman parkir Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebelum laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018). Menurut keterangan suporter yang berada di GBLA, sekitar pukul 13.00 WIB, ada salah satu orang yang dikejar oknum suporter Persib Bandung.  

Oknum suporter itu kemudian melakukan pengeroyokan dengan memukul menggunakan balok kayu, piring, botol, dan benda-benda lainnya. korban yang diketahu bernama Haringga Sirla, merupakan warga Cengkareng, Jakarta. 

3. Bantul, Yogyakarta

Satu orang Bonek suporter Persebaya Surabaya berinisial Micko Pratama (17) tewas setelah terlibat bentrok dengan warga di wilayah Bantul, usai menyaksikan pertandingan timnya melawan PS Tira Sabtu (13/4/2018) dini hari.

Dalam kejadian itu ada 12 orang anggota bonek yang masuk rumah sakit. Dengan rincian satu bonek meninggal, satu kritis, delapan lainnya rawat jalan dan satu orang pasien pulang dengan kemauan sendiri.

2. GBLA Bandung 2022

Dua Bobotoh yang meninggal dunia itu bernama Sopiana Yusup dan Ahmad Solihin. Keduanya wafat saat hendak masuk ke GBLA untuk menyaksikan laga Persib vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 (18/6/2022).

Kedua suporter Persib dilaporkan meninggal setelah diduga terjatuh saat berdesak-desakan masuk Stadion GBLA. Mereka diduga kehabisan napas. 

1. Kanjuruhan 

Tragedi Kanjuruhan terjadi pada Sabtu (1/10/2022). Kericuhan berawal saat suporter Arema FC turun ke lapangan untuk memprotees jajaran management setelah kalah 2-3 dari Persibaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022-2023.

Ratusan orang meninggal dalam tragedi Kanjuruhan ini baik dari kalangan suporter dan juga pihak kepolisan yang mengamankan jalannya pertandingan tersebut.

Nah, itulah tragedi yang menimpa suporter sepak bola Indonesia, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut