5 Jalur Pendakian Gunung Ciremai, Anak Gunung Tinggal Pilih Mau dari Mana

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Jum'at, 16 September 2022 | 17:45 WIB
Lima jalur pendakian Gunung Ciremai, anak gunung tinggal pilih mau dari mana. (Foto: Istimewa)

KUNINGAN, iNewsKuningan.id - Lima jalur pendakian Gunung Ciremai, anak gunung tinggal pilih mau dari mana. Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menambah satu jalur pendakian ke puncak Gunung Ciremai, sehingga kini total terdapat lima jalur resmi.

Jalur pendakian Gunung Ciremai yang sebelumnya hanya 4 jalur yakni jalur Linggajati, Linggasana, Palutungan, dan Jalur Apuy. 1 jalur tambahan dinamakan jalur Trisakti Sadarehe yang berada di Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Jalur baru tersebut merupakan jalur ilegal yang sudah dilalui oleh para pendaki, karena memang belum terdapat pos dan pengawasan.

Gunung Cermai sendiri adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dan termasuk gunung api Kuarter aktif, tipe A (yakni, gunungapi magmatik yang masih aktif semenjak tahun 1600), dan berbentuk strato. Dengan ketinggan 3078 mdpl, untuk mencai puncak Gunung Ciremai dibutuhkan waktu kurnag lebih 7-9 jam.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022) berikut jalur pendakian Gunung Ciremai:

1. Jalur Linggajati

Jalur Linggar Jari berada di Desa Linggarjati ini banyak ditemukan sumber mata air yang bisa dimanfaatkan oleh pandaki. Tingkat ketajaman yang tinggi di jalur ini, maka pendaki disarankan untuk menghindari pendakian pada malam hari.

Jalur linggarjati dianggap jalur paling panjang diantara jalur yang lain dibutuhkan sekitar 7-9 jam untuk bisa sampai dipuncak Gunung Ciremai. Dengan berjalan santai, pendaki bisa menjajal tanjakan Binbin, Seruni, dan Bapa Tere.

Sebelum mencapai puncak, pendaki harus melewati 11 pos dimualai dari pos 1 yang berada di Cibunar dan pos 11 berada di Pengasinan.

2. Jalur Linggasana

Sama seperti jalur Linggarjati, jalur Linggasana memiliki karakter yang sama. Titik temu dari jalur Linggasana dan jalur Linggarjati nantinya akan di pos Kuburan Kuda. 

Waktu tempuh dari pos 1 yang berada di Bascame Linggasana sampai ke pos 10 yajni dipengasinan sekitar 7-9 jam. 

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini