get app
inews
Aa
Read Next : Ketua Tim Pilkada PAN Kuningan Tegaskan Tak Ada Mahar Politik

Diduga Keracunan Makanan, Jadi Penyebab Kematian Puluhan Ikan Dewa Cibulan Kuningan

Rabu, 31 Agustus 2022 | 23:16 WIB
header img
Diduga keracunan makanan, jadi penyebab kematian puluhan ikan dewa Cibulan Kuningan. (Foto: Istimewa)

KUNINGAN, iNews.id - Diduga keracunan makanan, jadi penyebab kematian puluhan ikan dewa Cibulan Kuningan. Ini penyebab kematian puluhan ikan dewa Cibulan Kuningan. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Hermansyah membeberkan penyebab kematian ikan dewa yang menjadi penunggu Objek Wisata (OW) Cibulan, yang berada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Selasa (30/8/2022).

Hermansyah yang mendapatkan informasi dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan jumlah ikan dewa yang mati mendadak ada sekitar 20 ekor. Terkait kematian ikan dewa ini, Hermansyah menduga kalau penyebab kematian ikan dewa itu karena parametar air yang mendadak berubah.

"Kemungkinan sih dari fluktuasi parameter air yang mendadak berubah, bisa saja dari pemberian pakan yang berlebih oleh pengunjung sehingga ada zat tertentu yang masuk ke saluran pencernaan ikan sehingga menyebabkan kematian," ujar Hermansyah kepaa awak media, Rabu (31/8/2022).

Dari hasil uji kualitas air, yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan dikatakan Hermansyah, secara keseluruhan kualitas air di OW Cibulan masih cukup baik dan layak untuk membudidaya ikan, terutama ikan dewa. Tidak hanya itu, pihaknya juga saat ini tengah meminta untuk dikirim sampel ikan yang mati untuk diuji di BKIPM Cirebon.

"Saat ini masih dikaji dulu di laboratorium, nanti kalau ada informasi lebih lanjut akan kami sampaikan kembali," tutupnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut