Logo Network
Network

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Kuningan Terus Dikebut, Cegah Penularan Makin Meluas

Tim Liputan
.
Rabu, 29 Juni 2022 | 15:33 WIB
Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Kuningan Terus Dikebut, Cegah Penularan Makin Meluas
Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan, harus bekerja keras menangani PMK (Foto: Ist)

KUNINGAN, iNews.id - Sejak merebaknya Penyakit Kuku dan Mulut (PMK), petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan  dan Peternakan Kuningan, harus bekerja keras menangani  PMK yang  sudah menjangkiti ribuan sapi perah dan sapi potong di Kuningan. Selain melakukan pengobatan dan pemberian vitamin pada sapi yang sakit petugas juga melakukan vaksinasi terhadap sapi yang sehat,  dengan maksud  agar tidak tertular oleh sapi yang terkena PMK.

Vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi yang dilakukan oleh petugas kesehatan hewan dari  Dinas Perikanan dan Peternakan  Kuningan Rabu(29/6/2022) terus dikebut. Tidak hanya ribuan sapi  perah yang divaksinasi PMK, namun  ribuan ternak sapi potong yang berada di wilayah kecamatan Cibingbin pun mendapat giliran vaksin PMK.  

Sebelum dilakukan vaksin PMK,  petugas kesehatan hewan terlebih dahulu mendata kondisi sapi.  Sebab petugas hanya akan memvaksin sapi yang dalam keadaan sehat, sementara sapi yang terindikasi  PMK,  harus dilakukan penyembuhan terlebih dahulu  dan dipisahkan dari sapi yang sehat. "Kami segera melakukan dan membedakan antara sapi yang sakit dan yang masih dalam kondisi sehat, " ujar  drh. Rofiq Petugas Keswan Dinas Perikanan dan Peternakan  Kuningan. 

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.