get app
inews
Aa Read Next : Program PTSL di Kabupaten Kuningan Baru Capai 52 persen

20 Oleh-Oleh Khas Kuningan yang Legendaris dan Laris Manis

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 16:15 WIB
header img
Oleh-oleh Khas Kuningan. Foto: Ist

12.Papais 

Papais sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu papais bugis yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa serta gula aren. Sedangkan papais yang bentuknya mengerucut disebut papais monyong. Selain itu masih banyak lagi jenis papais dengan harga yang terjangkau. 

13.Jawadah

Jawadah adalah makanan sejenis dodol yang bertekstur kenyal dengan rasa yang legit. Jawadah dibuat dengan ukuran yang jumbo dan setelah itu diiris kecil-kecil sesuai selera. 

14.Rujak Kangkung 

Rujak kangkung merupakan salah satu makanan khas Sunda, yang mana warga Kuningan mayoritas adalah orang Sunda. Rujak kangkung memang terkenal dengan rasanya yang pedas, manis, serta asam yang berasal dari kuah rujak yang dibuat dari campuran cabe, gula merah, kacang tanah, serta asam Jawa. 

15.Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper akan jadi pasangan yang serasi jika disandingkan dengan tape ketan Kuningan. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya serta rasanya yang segar dapat menjaga kebugaran serta menyegarkan tubuh. Jeniper dikemas dalam dua pilihan kemasan yaitu kemasan siap minum dan sirup. 

16.Jenisa (Jeruk Nipis Asli) 

Minuman ini juga terbuat dari perasan jeruk nipis murni tanpa tambahan perasa buatan. Bedaannya dengan jeniper terletak pada pemanis tambahan campurannya yang menggunakan madu asli. 

Jadi rasa manisnya lebih terasa dan punya banyak khasiat untuk kesehatan serta menyegarkan. Masyarakat percaya bahwa campuran jeruk peras dan madu bisa jadi obat berbagai macam penyakit.

17.Nasi Kasreng

Nasi Kasreng termasuk makanan yang mengenyangkan karena di dalamnya ada campuran nasi dan lauk yang cukup  lengkap seperti lalap tauge, gorengan tempe dan tahu serta diberi taburan udang rebon. Untuk sepiring nasi Kasreng hanya perlu membayar Rp 15.000 saja. 

18.Kayu Ukir

Oleh-oleh khas Kuningan selain berbagai kuliner juga ada kayu ukir. Berbagai macam hasil ukiran bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Mulai dari patung kuda, kaligrafi, hingga berbagai macam ukuran kontemporer semua ada. 

Semua karya tersebut berbahan dasar dari limbah kayu sehingga sangat ramah lingkungan. Kamu bisa memilih langsung berbagai kerajinan tangan ini di daerah Babakan Mulya, Cigugur. Harga kerajinan disini biasanya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kerumitan.

19.Tahu Kecap Kuningan

Cara membuat tahu kecap terbilang sangat mudah. Setelah tahu digoreng hingga matang, kemudian disiram dengan kuah kecap dan kacang yang diberi berbagai bumbu pilihan agar menghasilkan makanan yang enak. Warga Kuningan biasanya menjadikan tahu kecap sebagai lauk untuk sarapan. 

20.Jasuke

Jasuke merupakan singkatan dari jagung, susu, keju. Cemilan murah dan enak ini terbuat dari jagung yang direbus terlebih dahulu. Setelah jagung matang kemudian dilepaskan dari bonggolnya. Kemudian diberi topping susu, keju, serta meses. 

Itulah sederet oleh-oleh khas Kuningan yang wajib kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang. 
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut