get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Kuningan Sidak Pelayanan SIM hingga SKCK, Minta Optimalkan Layanan

20 Oleh-Oleh Khas Kuningan yang Legendaris dan Laris Manis

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 16:15 WIB
header img
Oleh-oleh Khas Kuningan. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Berkunjung ke kota kecil yang berlokasi di sisi Cirebon ini kurang lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Kuningan. Kota yang terkenal dengan kuda kuningnya ini selalu ramai disinggahi para wisatawan yang hendak mudik ke Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Cirebon. 

Apa saja deretan oleh-oleh khas Kuningan yang bisa dibawa pulang untuk keluarga tercinta? Yuk simak informasinya. 

Oleh-oleh Khas Kuningan

1.Tape Ketan dalam Ember

Jika tape ketan biasanya dibungkus dengan daun, tape ketan khas Kuningan ditempatkan dalam ember. Pemakaian ember kecil hitam untuk tempat tape bukan tanpa tujuan. Ketika mengkonsumsi tape ketan dengan bungkus daun airnya mudah sekali tercecer. Jika dengan ember, air cucurannya akan tertampung dan bisa dikonsumsi. 

Varian rasa tape ketan ini sangat beragam mulai dari Sari Wangi, Sari Asri, Rasa Madu Putra. Rasa Madu, Binangkit, dan lain sebagainya. Harga tape ketan untuk satu ember kecil dihargai mulai dari Rp 65.000 saja. 

2.Kopi Luwak Linggarjati

Linggarjati, sebuah daerah di Kuningan, Jawa Barat, telah menjadi tempat yang terkenal dalam produksi kopi luwak. Petani kopi di Linggarjati telah menjaga tradisi dan kualitas produksi kopi luwak dengan penuh keahlian dan kecintaan terhadap kopi.

Bagi pecinta kopi sejati, oleh-oleh Kopi Luwak Linggarjati merupakan hadiah yang sangat berharga. Selain menikmati secangkir kopi yang nikmat, pengunjung juga dapat membawa pulang paket biji kopi Luwak Linggarjati yang siap diseduh di rumah.

3.Opak Bakar

Opak ini dibuat dari bahan dasar beras ketan dan kelapa yang diproses dengan cara dipanggang. Renyah sekali saat digigit sebab opak ini diiris kecil dan tipis, cocok sebagai cemilan sehat. 

Desa Mandirancan adalah salah satu desa produsen opak di Kuningan yang aktif memproduksi opak untuk didistribusikan ke pusat oleh-oleh khas Kuningan. Opak bakar dijual dengan berbagai ukuran. Ukuran yang terkecil mulai dari 30 cm x 10 cm yang bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 20.000 saja.

4.Keripik Gemblong

Oleh-oleh khas Kuningan selanjutnya yang wajib kamu coba adalah keripik Gemblong. Berbeda dengan keripik pada umumnya, keripik Gemblong begitu unik karena terdapat oncom di bagian tengahnya yang memberikan cita rasa lain pada cemilan ini.

5.Tahu Susu Tamiang Sari Kuningan

Tahu susu Tamiang Sari Kuningan merupakan inovasi terbaru dari bahan dasar tahu yang banyak diproduksi warga Kuningan. Makanan ini banyak diminati warga lokal maupun wisatawan yang selalu ramai mengantri di kedai tahu susu ini. Tahu susu dijual dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 2.000 per biji. 

6.Tahu Lamping

Selain tahu susu, ada pula Tahu Lamping asal Kuningan yang banyak peminatnya. Apa beda Tahu Lamping dan tahu yang lain. Secara rasa, Tahu Lamping memiliki rasa yang gurih dengan bagian dalam yang padat. 

Enak sekali saat di goreng dan dicocol dengan petis. Kamu bisa membeli Tahu Lamping dengan rasa yang nikmat hanya di Kedai Tahu Kopeci yang selalu ramai dikunjungi pengunjung.

7.Lepet Khas Kuningan 

Daerah Kuningan menjadi daerah yang dapat dengan mudah mendapatkan lepet. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diberi campuran parutan kelapa kemudian dibungkus janur atau daun kelapa muda. Rasanya yang gurih menjadi favorit dan disukai banyak orang. 

8.Batik Kuningan

Batik Kuningan memiliki ciri khas motif batik yang cerah namun tidak didominasi banyak warna. Temanya kuda kuningan fauna khas Kuningan, ikan Dewa, Kujang yang merupakan senjata khas dari daerah ini, termasuk juga monumen bokor.

Untuk batik cap, umumnya dibandrol dengan harga Rp 95.000 saja dengan perkiraan panjang kain mencapai 4 meter dan bisa mendapatkannya di butik besar maupun di pusat oleh-oleh di daerah Kuningan.

9.Kwecang Kuningan

Jika dilihat sekilas kwecang hampir mirip dengan bacang, hanya saja kwecang ini rasanya manis. Kwecang sendiri terbuat dari beras ketan yang diberi campuran air apu lalu dibalut dengan bumbu dan dinikmati dengan cocolan gula pasir. 

10.Golono

Golono adalah sejenis gorengan yang dibuat dari ampas tahu. Meskipun hanya terbuat dari bahan sisa namun rasa golono ini sangat enak dan gurih, apalagi jika dimakan saat sedang hangat, ataupun disandingkan dengan gado-gado, sate, atau makanan lainnya. 

11.Kue Satu Kuningan

Kue ini terbuat dari olahan kacang hijau yang mengandung gizi tinggi. Setelah kacang hijau dicuci bersih dan dipisahkan langsung disangrai hingga matang, kemudian ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan gula halus. Langkah selanjutnya cetak kue satu menggunakan cetakan kayu setelah itu jemur kue dibawah sinar matahari hingga kering. 

12.Papais 

Papais sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu papais bugis yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa serta gula aren. Sedangkan papais yang bentuknya mengerucut disebut papais monyong. Selain itu masih banyak lagi jenis papais dengan harga yang terjangkau. 

13.Jawadah

Jawadah adalah makanan sejenis dodol yang bertekstur kenyal dengan rasa yang legit. Jawadah dibuat dengan ukuran yang jumbo dan setelah itu diiris kecil-kecil sesuai selera. 

14.Rujak Kangkung 

Rujak kangkung merupakan salah satu makanan khas Sunda, yang mana warga Kuningan mayoritas adalah orang Sunda. Rujak kangkung memang terkenal dengan rasanya yang pedas, manis, serta asam yang berasal dari kuah rujak yang dibuat dari campuran cabe, gula merah, kacang tanah, serta asam Jawa. 

15.Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper akan jadi pasangan yang serasi jika disandingkan dengan tape ketan Kuningan. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya serta rasanya yang segar dapat menjaga kebugaran serta menyegarkan tubuh. Jeniper dikemas dalam dua pilihan kemasan yaitu kemasan siap minum dan sirup. 

16.Jenisa (Jeruk Nipis Asli) 

Minuman ini juga terbuat dari perasan jeruk nipis murni tanpa tambahan perasa buatan. Bedaannya dengan jeniper terletak pada pemanis tambahan campurannya yang menggunakan madu asli. 

Jadi rasa manisnya lebih terasa dan punya banyak khasiat untuk kesehatan serta menyegarkan. Masyarakat percaya bahwa campuran jeruk peras dan madu bisa jadi obat berbagai macam penyakit.

17.Nasi Kasreng

Nasi Kasreng termasuk makanan yang mengenyangkan karena di dalamnya ada campuran nasi dan lauk yang cukup  lengkap seperti lalap tauge, gorengan tempe dan tahu serta diberi taburan udang rebon. Untuk sepiring nasi Kasreng hanya perlu membayar Rp 15.000 saja. 

18.Kayu Ukir

Oleh-oleh khas Kuningan selain berbagai kuliner juga ada kayu ukir. Berbagai macam hasil ukiran bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Mulai dari patung kuda, kaligrafi, hingga berbagai macam ukuran kontemporer semua ada. 

Semua karya tersebut berbahan dasar dari limbah kayu sehingga sangat ramah lingkungan. Kamu bisa memilih langsung berbagai kerajinan tangan ini di daerah Babakan Mulya, Cigugur. Harga kerajinan disini biasanya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kerumitan.

19.Tahu Kecap Kuningan

Cara membuat tahu kecap terbilang sangat mudah. Setelah tahu digoreng hingga matang, kemudian disiram dengan kuah kecap dan kacang yang diberi berbagai bumbu pilihan agar menghasilkan makanan yang enak. Warga Kuningan biasanya menjadikan tahu kecap sebagai lauk untuk sarapan. 

20.Jasuke

Jasuke merupakan singkatan dari jagung, susu, keju. Cemilan murah dan enak ini terbuat dari jagung yang direbus terlebih dahulu. Setelah jagung matang kemudian dilepaskan dari bonggolnya. Kemudian diberi topping susu, keju, serta meses. 

Itulah sederet oleh-oleh khas Kuningan yang wajib kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang. 
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut