get app
inews
Aa Read Next : Program PTSL di Kabupaten Kuningan Baru Capai 52 persen

20 Oleh-Oleh Khas Kuningan yang Legendaris dan Laris Manis

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 16:15 WIB
header img
Oleh-oleh Khas Kuningan. Foto: Ist

7.Lepet Khas Kuningan 

Daerah Kuningan menjadi daerah yang dapat dengan mudah mendapatkan lepet. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diberi campuran parutan kelapa kemudian dibungkus janur atau daun kelapa muda. Rasanya yang gurih menjadi favorit dan disukai banyak orang. 

8.Batik Kuningan

Batik Kuningan memiliki ciri khas motif batik yang cerah namun tidak didominasi banyak warna. Temanya kuda kuningan fauna khas Kuningan, ikan Dewa, Kujang yang merupakan senjata khas dari daerah ini, termasuk juga monumen bokor.

Untuk batik cap, umumnya dibandrol dengan harga Rp 95.000 saja dengan perkiraan panjang kain mencapai 4 meter dan bisa mendapatkannya di butik besar maupun di pusat oleh-oleh di daerah Kuningan.

9.Kwecang Kuningan

Jika dilihat sekilas kwecang hampir mirip dengan bacang, hanya saja kwecang ini rasanya manis. Kwecang sendiri terbuat dari beras ketan yang diberi campuran air apu lalu dibalut dengan bumbu dan dinikmati dengan cocolan gula pasir. 

10.Golono

Golono adalah sejenis gorengan yang dibuat dari ampas tahu. Meskipun hanya terbuat dari bahan sisa namun rasa golono ini sangat enak dan gurih, apalagi jika dimakan saat sedang hangat, ataupun disandingkan dengan gado-gado, sate, atau makanan lainnya. 

11.Kue Satu Kuningan

Kue ini terbuat dari olahan kacang hijau yang mengandung gizi tinggi. Setelah kacang hijau dicuci bersih dan dipisahkan langsung disangrai hingga matang, kemudian ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan gula halus. Langkah selanjutnya cetak kue satu menggunakan cetakan kayu setelah itu jemur kue dibawah sinar matahari hingga kering. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut