get app
inews
Aa
Read Next : Masturbasi Bikin Rambut Rontok: Fakta atau Mitos, Ini Penjelasan Medisnya

Fakta atau Mitos: Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Ini Pendapat Ahli

Senin, 26 Desember 2022 | 12:32 WIB
header img
Fakta atau mitos: minum air dingin bikin gemuk, ini pendapat ahli. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsKuningan.id Fakta atau mitos: minum air dingin bikin gemuk, ini pendapat ahli. Sebagian orang beranggapak kalau minum air dingin akan membuat gemuk, apakah itu mitos atau fakta akan dibahas pada artikel ini.

Mengonsumsi minuman dingin di saat cuaca sedang terik panas matahari tentu terasa sangat nikmat. Terlebih untuk kita yang tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia, membuat orang sering terpapar sinar matahari yang terik. 

Air dingin adalah salah satu air yang disukai karena sensasinya yang dianggap lebih menyegarkan dibandingkan air biasa. Namun, selama ini beredar rumor di tengah masyarakat bahwa air dingin bisa menyebabkan kegemukan. 

Lantas bagaimana pendapat ahli terkaitminum air dingin bikin gemuk, fakta atau mitos?. Dikutip dari berbagai sumber berikut fakta atau mitos minum air dingin bikin gemuk menurut para ahli.

Fakta atau mitos minum air dingin bikin gemuk:

1.Ahli Gizi dr. Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, 

Air dingin atau air es sesungguhnya tidak berkaitan dengan kegemukan. Air minum dingin tidak mengandung kalori, sehingga apabila dikonsumsi tak akan menyebabkan gemuk alias gendut. 

"Tidak bikin gendut kalau tidak ditambahkan gula ataupun sirup. Air saja tidak ada kalorinya kok, jadi itu mitos," tandas dr. Cindiawaty J Pudjiadi di Jakarta belum lama ini.

2. laman Verywell

Melansir dari halaman Varywell menyebutkan jika satu cangkir air mengandung 8 ons cairan, atau 237 gr air menyediakan 0 kalori, 0 gr protein, 0 gr karbohidrat, dan 0 gr lemak. Air adalah sumber hidrasi yang sangat baik, mungkin mengandung banyak mineral termasuk kalsium, fluorida, besi, kalium, atau natrium.

Sehingga perlu dipahami, dalam sehari seseorang membutuhkan cairan yaitu air minum. Maka, minum cukup air juga baik untuk fungsi otak. 

"Satu studi menunjukkan bahwa dehidrasi bisa 2% mengganggu beberapa fungsi kognitif," demikian keterangan Verywell.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut