get app
inews
Aa Read Next : Fakta dan Mitos Mandi Malam Hari, Ini Penjelasan Medisnya

Waspada Hilang Ingatan, Ini 12 Penyebab Amnesia yang Wajib Diketahui

Jum'at, 17 Juni 2022 | 15:29 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Amnesia atau hilang ingatan merupakan gangguan yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengingat fakta, informasi, atau kejadian yang pernah dialaminya. Meski bersifat ringan, gangguan daya ingat akibat amnesia sangat mengganggu kehidupan penderitanya. 

Amnesia ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh ingatan penderitanya. Penderita amnesia umumnya masih dapat mengingat identitas dirinya, hanya saja mereka cenderung kesulitan untuk mengingat hal baru atau mengingat kejadian di masa lalu.

Penyebabnya bisa karena adanya cedera kepala dan otak, obat-obatan tertentu, alkohol, peristiwa traumatis, atau kondisi seperti penyakit alzheimer . 

Terdapat beberapa jenis amnesia, seperti amnesia anterograde yang berarti bahwa penderitanya tidak bisa mempelajari sesuatu yang baru. Sedangkan amnesia retrograde, berarti penderitanya melupakan peristiwa dari masa lalunya.

Dalam banyak kasus ringan, seperti yang disebabkan gegar otak, penderitanya tidak dapat mengingat pukulan di kepala atau waktu pemulihannya, tetapi sisa ingatannya tetap utuh. 

Amnesia infantil atau ketidakmampuan untuk mengingat apa pun dari beberapa bulan atau tahun pertama kehidupan, bersifat universal. Diperkirakan bahwa proses memori otak membutuhkan waktu untuk berkembang.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut