get app
inews
Aa Read Next : Fakta dan Mitos Mandi Malam Hari, Ini Penjelasan Medisnya

Kaya Manfaat, Ini 6 Khasiat Daun Kumis Kucing yang Baik untuk Tubuh

Kamis, 14 Juli 2022 | 17:56 WIB
header img
Daun kumis kucing kaya manfaat (Foto: Istimewa)

INDONESIA kaya akan berbagai jenis tanaman yang baik untuk kesehatan, salah satunya memanfaatkan khasiat daun kucing yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. 

Dikutip dari alodokter.com Kandungan senyawa alami yang ada di dalam kumis kucing, meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.Berkat kandungan ini, manfaat kumis kucing bagi kesehatan sangatlah banyak. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengobati asam urat

Manfaat kumis kucing sebagai obat asam urat alami diduga berasal dari kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang tinggi di dalamnya. Senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antiradang yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Menurunkan tekanan darah

Kumis kucing juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan sinensetin di dalamnya berperan penting sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Khasiat ini akan membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin.

3. Mengatasi rematik

Kumis kucing juga dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat rematik alami, terutama pada penderita rheumatoid arthritis (RA). Kebanyakan penyakit rematik, termasuk RA, disebabkan oleh reaksi autoimun. Sebagian lain tidak disebabkan oleh autoimun, tapi sama-sama didasari oleh proses peradangan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut