get app
inews
Aa Read Next : Adakah Hubungan Kolestrol Tinggi dan Disfungsi Ereksi? Berikut Penjelasannya

Fakta dan Mitos Mandi Malam Hari, Ini Penjelasan Medisnya

Jum'at, 16 Desember 2022 | 20:36 WIB
header img
Fakta dan mitos mandi malam hari, ini penjelasan medisnya. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNewsKuningan.id Fakta dan mitos mandi malam hari, ini penjelasan medisnya. Mandi pada saat malam hari menurut sebagaian orang dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti rematik dan penyakit lainnya.

Namun, sebenarnya bila dilakukan dengan tepat, mandi malam hari dapat bermanfaat bagi tuhubuh. Fakta dan mitos mandi malam hari akan dibahas pada artikel ini.

Bahkan masyarakat masih mempercayai kalau mandi malam akan menyebabkan beberapa penyakit seperti rematik atau paru-paru basah. Bahkan mandi malam juga dipercaya dapat membuat Anda masuk angin, asam urat, dan kulit cepat kering.

Lantas apa fakta dan mitos mandi malam? dikutip dari sehatq.com, Jumat(16/12/2022) berikut pembahasan Fakta dan mitos mandi malam hari, ini penjelasan medisnya\.

Fakta dan mitos mandi malam hari:

Mitos Mandi Malam

1. Mandi malam bukan penyebab rematik

Sejauh ini, belum ada bukti medis yang membenarkan anggapan bahwa salah satu bahaya mandi di malam hari adalah munculnya penyakit rematik.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab rematik adalah sistem imun yang menyerang lapisan di sekitar persendian. Hal ini mengakibatkan radang, rasa sakit pada sendi, atau nyeri otot.

2. Mandi malam membuat kulit menjadi kering

Faktanya, salah satu penyebab kulit kering adalah terlalu lama terkena air saat mandi. Kalian bisa mencegah hal tersebut dengan mempersingkat waktu mandi baik di pagi, siang, sore, atau malam hari.

3. Mandi malam menyebabkan penyakit paru-paru basah

Paru-paru basah atau pneumonia adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada kantung udara di paru-paru. Ini mengakibatkan kantung tersebut terisi oleh cairan atau nanah sehingga penderitanya akan kesulitan bernapas.

Penyebab dari peradangan ini bukan karena masuknya air saat Anda mandi malam. Melainkan, karena infeksi bakteri, virus, maupun jamur.

Justru, mandi air hangat di malam hari bermanfaat bagi penderita pneumonia, karena dapat melegakan jalan napas sehingga tidur lebih nyenyak.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut