get app
inews
Aa
Read Next : Fakta dan Mitos Mandi Malam Hari, Ini Penjelasan Medisnya

6 Jenis Daun Penurun Kolestrol, Aman dan Mudah Didapat

Kamis, 09 Juni 2022 | 13:54 WIB
header img
Daun-daunan penurun kolesterol banyak ditanam di halaman rumah. Karena kandungan di dalamnya, daun ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol tinggi. (Foto: The Spruce Eats)

JAKARTA, iNews.id - Kolestrol memainkan peranan penting dalam tubuh manusia. Namun jika kolestrol tinggi dalam darah, ini menjadi resiko tinggi yang akan mengundang berbagai macam penyakit, terbanyak seperti Penyakit Jantung Koroner dan stroke. Anda yang tengah berjuang menurunkan kadar kolesterol yang tinggi wajib mencoba daun ini, tentunya aman dikonsumsi dan mudah didapat.

Sementara, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi daun-daun ini dengan berbagai cara. Salah satunya disantap secara langsung atau direbus dan diminum airnya.

Seperti diketahui, menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara yang terbukti menurunkan kolesterol tinggi. Berikut daftar daun-daunan penurun kolesterol tinggi dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/6/2022).

1. Daun Artichoke

Para peneliti di University of Reading menemukan ekstrak daun artichoke yang biasanya dijual umum dalam bentuk suplemen dapat menurunkan kolesterol. Daun artichoke merupakan salah satu tanaman yang kaya akan sumber flavonoid yang berfungsi membantu menurunkan kolesterol plasma.

2. Daun Fenugreek

Daun fenugreek biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dan sayuran. Daun ini kaya akan asam folat, vitamin A dan vitamin C, sekaligus banyak mineral seperti kalium, kalsium dan zat besi.

Biji fenugreek juga merupakan sumber vitamin K. Fenugreek membantu mengurangi produksi kolesterol tubuh, terutama kolesterol jahat.

Penelitian University of Michigan Health System menemukan saponin steroid dalam biji fenugreek dianggap memperlambat penyerapan kolesterol di usus dan hati.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut