get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Gerakan Bersihkan Sampah di Sungai Cisanggarung Kuningan, Lindungi Ekosistem dan Lingkungan

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 17:49 WIB
header img
Sejumlah komunitas dan organisasi pemuda maupun masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah di aliran Sungai Cisanggarung Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Permasalahan sampah plastik telah menjadi isu krusial dan genting, terutama di kawasan Sungai Cisanggarung di Kabupaten Kuningan, Jabar. Peningkatan volume sampah plastik di sungai tersebut mengancam kelestarian ekosistem biota dan kualitas lingkungan sekitar.

Menyadari urgensi permasalahan ini, pemerintah desa setempat bersama komunitas dan organisasi masyarakat menggelar aksi Sapu Bersih Sampah Sungai Cisanggarung, Sabtu (24/8).

Gerakan ini diikuti berbagai komunitas dan organisasi di antaranya PC GP Ansor Kuningan, Yayasan Lengkang Wijaya, Thowaf Nahdliyin, MWC NU Luragung, PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Luragung, Komunitas Jaga Kali Cirebon, serta masyarakat Desa Dukuhmaja.

Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga menekankan pentingnya peran aktif semua pihak dalam mengatasi masalah sampah, khususnya sampah plastik.

Kepala Desa Dukuhmaja, Rasidin menyambut baik inisiatif ini, dan menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai komunitas yang telah berpartisipasi.

"Kami sangat menghargai kepedulian yang ditunjukkan oleh berbagai komunitas, terutama Yayasan Lengkang Wijaya yang telah mendukung acara ini. Kami berharap gerakan Sapu Bersih Sampah Sungai Cisanggarung, dapat memotivasi warga kami dan masyarakat pada umumnya untuk tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut