get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Mitigasi Karhutla Gunung Ciremai, BPBD: Kita Optimalkan Embung dan Sekat Bakar

Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:28 WIB
header img
Tampak sejumlah petugas gabungan hingga pegiat lingkungan saat membuat sekat bakar di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Menghadapi ancaman kebakaran hutan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kuningan, Jabar, pemerintah daerah menggelar kegiatan pencegahan yang melibatkan berbagai instansi, Rabu (7/8).

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Setianegara dan Kebun Raya Kuningan ini, menyoroti pentingnya pembangunan embung hingga pemeliharaan sekat bakar sebagai upaya mitigasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu menjelaskan, bahwa embung berfungsi sebagai sumber air yang sangat vital dalam mengatasi kebakaran hutan. Adapun sekat bakar adalah jalur yang memisahkan areal dalam hamparan bahan bakaran, untuk mencegah dan/ mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran yang lebih luas.

"Sumber air yang jauh selalu menjadi kendala dalam penanganan kebakaran, terutama saat proses pendinginan. Dengan embung yang baru, kita dapat menjangkau area yang lebih luas, termasuk sekitar Kebun Raya Kuningan,” ungkapnya.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut