get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Mitigasi Karhutla Gunung Ciremai, BPBD: Kita Optimalkan Embung dan Sekat Bakar

Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:28 WIB
header img
Tampak sejumlah petugas gabungan hingga pegiat lingkungan saat membuat sekat bakar di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Menghadapi ancaman kebakaran hutan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kuningan, Jabar, pemerintah daerah menggelar kegiatan pencegahan yang melibatkan berbagai instansi, Rabu (7/8).

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Setianegara dan Kebun Raya Kuningan ini, menyoroti pentingnya pembangunan embung hingga pemeliharaan sekat bakar sebagai upaya mitigasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu menjelaskan, bahwa embung berfungsi sebagai sumber air yang sangat vital dalam mengatasi kebakaran hutan. Adapun sekat bakar adalah jalur yang memisahkan areal dalam hamparan bahan bakaran, untuk mencegah dan/ mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran yang lebih luas.

"Sumber air yang jauh selalu menjadi kendala dalam penanganan kebakaran, terutama saat proses pendinginan. Dengan embung yang baru, kita dapat menjangkau area yang lebih luas, termasuk sekitar Kebun Raya Kuningan,” ungkapnya.

Sedangkan sekat bakar ada dua jenis, yaitu sekat bakar alami dan buatan. Sekat bakar alami merupakan bentangan alam sungai, danau, rawa atau jurang.

Sementara sekat bakar buatan meliputi jalur parit dan kanal pada lahan gambut. Kemudian embung tidak hanya berperan dalam penyediaan air untuk memadamkan api, tetapi juga menjadi bagian penting dari pelestarian ekosistem lokal.

"Embung membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan menyediakan habitat bagi satwa liar dan vegetasi yang khas di wilayah Kuningan. Ini adalah langkah penting dalam menjaga kelestarian satwa," terangnya.

Lebih lanjut, Indra menekankan pentingnya embung dalam upaya konservasi. Embung berperan ganda dalam memastikan keberlanjutan sumber daya air, dan mendukung kehidupan satwa di sekitar Gunung Ciremai.

"Embung ini tidak hanya untuk penanggulangan bencana, tetapi juga sebagai bagian dari komitmen kita melestarikan keanekaragaman hayati yang ada,”jelasnya.

Kegiatan antisipasi ini juga melibatkan pembaruan dan perpanjangan sekat bakar untuk mengurangi potensi penyebaran api. "Sekat bakar adalah penghalang efektif untuk mencegah api menyebar, dan kita terus berupaya memperbaiki sistem ini,”ujarnya.

Selain langkah-langkah teknis, pemerintah daerah juga menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat. "Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan pentingnya melestarikan satwa lokal menjadi bagian dari strategi jangka panjang kita. Kami berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga alam sekitar," tuturnya.

Pembangunan embung baru merupakan hasil dari kolaborasi antara pemerintah daerah dan program CSR BUMD, yang telah menambah dua titik embung sehingga totalnya menjadi 47. "Upaya ini menunjukkan komitmen bersama dalam meminimalisir dampak kebakaran hutan dan mendukung pelestarian satwa,”katanya.

Dengan langkah-langkah preventif yang telah diambil, BPBD Kuningan optimis dapat mengurangi frekuensi dan dampak kebakaran hutan, sekaligus melestarikan kekayaan alam Kabupaten Kuningan. "Kami berharap tahun ini dapat dilalui dengan lebih aman dan lestari,” tutupnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut