get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Resmikan Instalasi Energi Terpadu Biogas dan PLTS Kuningan, Bey: Ini Jadi Pelopor di Jabar

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:28 WIB
header img
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin meresmikan instalasi energi terpadu Biogas dan PLTS di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

Bey berharap, program-program seperti yang dijalankan di Kuningan bisa direplikasi di daerah lain, meskipun investasi awalnya cukup tinggi.

"Tapi dengan gotong royong dan kerjasama dengan perusahaan besar, baik BUMN maupun nasional, kita bisa mendukung peningkatan penggunaan energi terbarukan di Kuningan dan menjadi pelopor di Jawa Barat," ungkapnya.

Bey juga menekankan pentingnya monitoring dalam keberhasilan program ini. "Walaupun dibangun oleh ITB, monitoring akan terus dilakukan oleh ITB. Hal ini memastikan kestabilan dan keberlanjutan operasional PLTS," terangnya.

Dalam estimasinya, kata Bey, pemanfaatan kotoran sapi dapat mengurangi pencemaran sungai sebanyak 667 ton per tahun, dan menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 888 karbon dioksida ekuivalen per tahun. Selain itu, penghematan yang diperoleh peternak dari pemanfaatan PLTS ini mencapai Rp 94,5 juta per tahun.

Bey juga berharap masyarakat bisa merasakan manfaat dari program ini. "PLTS ini bisa digunakan untuk mengecas motor listrik atau HP dengan mudah. Kita sambut baik upaya-upaya ini, meskipun memerlukan investasi awal sekitar Rp 3,3 miliar. Produksi energi akan meningkat dan biaya akan turun seiring waktu," pungkasnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut