get app
inews
Aa Read Next : 2 Varietas Tembakau Lokal Kuningan Resmi Tersertifikasi, Pj Bupati Dorong Pengembangan Lahan

Resmikan Instalasi Energi Terpadu Biogas dan PLTS Kuningan, Bey: Ini Jadi Pelopor di Jabar

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:28 WIB
header img
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin meresmikan instalasi energi terpadu Biogas dan PLTS di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin meresmikan instalasi energi terpadu Biogas dan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Kabupaten Kuningan, Kamis (18//7). Instalasi energi terpadu ini memanfaatkan kotoran hewan ternak berupa sapi perah di kawasan Cigugur, Kuningan.

Adanya instalasi energi terpadu ini, diharapkan menjadi pelopor di Jawa Barat. Sehingga langkah ini bisa ditiru dan diaplikasikan di tempat lain.

"Kuningan memiliki potensi besar untuk PLTS, karena banyaknya ternak sapi di daerah ini. Kotoran hewan yang melimpah dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk PLTS. Jawa Barat sendiri memiliki potensi sebesar 192 gigawatt, untuk energi baru terbarukan yang tidak hanya berasal dari kotoran hewan, tapi juga energi surya, panas bumi, angin, dan air," kata Bey Machmudin.

Program-program kerjasama yang melibatkan perguruan tinggi seperti ITB, pemerintah provinsi, Kemendikbud, koperasi, dan masyarakat dinilai sangat baik oleh Bey. "Ini akan menghemat pengeluaran dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, seperti pembagian pupuk dari kotoran hewan secara gratis," tambahnya.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut