Logo Network
Network

BNPB Sebut 21 Persen Korban Jiwa Gempa Cianjur Adalah Balita

Dekur
.
Senin, 05 Desember 2022 | 18:57 WIB
BNPB Sebut 21 Persen Korban Jiwa Gempa Cianjur Adalah Balita
BNPB sebut 21 persen korban jiwa gempa Cianjur adalah balita.. Foto: Istimewa

CIANJUR, iNewsKuningan.id BNPB sebut 21 persen korban jiwa gempa Cianjur adalah balita.  Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mencatat sekitar 280 atau sekitar 21 % korban jiwa akibat gempa Cianjur adalah anak dibawah lima tahun atau Balita.

Hal ini disampikan Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat konferensi pers secara virtual, Senin (5/12/2022). Berdasarkan dara agregasi 280 korban dari total 334, itu 21% yaitu balita di bawah 5 tahun. Kemudian anak 6 sampai 16 tahun 23%.

"Jika digabungkan, hampir setengah atau 44% dari jumlah korban jiwa akibat gempa ini adalah anak di bawah 16 tahun," ujar Abdul.

Abdul juga menyebutkan, kalau kita gabung anak di bawah 16 tahun itu 44%, hampir setengahnya ini menjadi perhatian kita karena ketika gempa terjadi siang hari atau saat jam sekolah masih berlangsung.

"Karena itu, kekuatan fasilitas umum (fasum) ataupun fasilitas sosial (fasos) perlu menjadi perhatian, Kita terus melakukan penghitungan data validasi kerusakan rumah dan memang yang menjadi perhatian kita ada 525 fasilitas pendidikan yang rusak, kemudian 14 fasilitas kesehatan yang rusak ini menjadi konsen kita juga tidak hanya di rumah-rumah penduduk. Tetapi fasum fasos kita fasilitas umum dan fasilitas sosial kita masih perlu harus kita tingkatkan kekuatannya, khususnya menghadapi gempa ini," katanya.

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini