get app
inews
Aa Read Next : Viral! Curhatan Wanita Cantik Jatuh Cinta ke Pagar Merah, Pernah Menikah dengan Menara Eiffel

Daftar Hantaran Pernikahan yang Wajib Dibawa, Calon Penganten Wajib Baca

Jum'at, 18 November 2022 | 23:02 WIB
header img
Daftar hantaran pernikahan yang wajib dibawa, calon penganten wajib. Foto: Net/Istimewa.

6. Tas

Tas cukup identik dengan perempuan. Tas biasanya menjadi salah satu barang yang wajib dibawa karena tas berguna untuk membawa barang barang perempuan yang banyak. Biasanya tas yang cocok dijadikan seserahan adalah tas pesta dan tas kerja. 

7. Sepatu

Sama halnya dengan tas, sepatu itu salah satu barang krusial bagi perempuan. Kalau urusan milih sepatu yang cocok dan nyaman pokoknya perempuan sedikit lebih ribet dan gak akan asal asalan.

Apalagi sepatu yang dijadikan seserahan itu biasanya sepatu pesta yang berhak, setiap perempuan punya kriteria sendiri model hak seperti apa yang dia suka dan berapa centimeter tinggi hak yang dia nyaman pakai.

8. Parfum

Parfum memang udah jadi kebutuhan yang cukup penting dalam kehidupan sehari hari. Setiap orang punya selera yang berbeda beda sama wewangian, ada yang lebih suka wangi bunga, ada juga yang lebih suka wangi buah buahan atau kalau sekarang sih ya lebih tren cocok cocokan sama parfum merk tertentu, biasanya setiap orang udah punya brand favoritnya sendiri.

9. Jam Tangan

Jam tangan sudah jadi salah satu aksesoris yang penting bagi banyak orang untuk kehidupan sehari hari. Jam tangan perempuan biasanya identik dengan ukurannya yang kecil, modis dan elegan, namun kembali lagi kepada selera masing-masing.

10. Baju

Baju juga bisa menjadi arti, bahwa setelah rumah tangga kelak, istri itu diibaratkan sebagai pakaian sang suami, dengan kata lain sang istri harus bisa menutupi kekurangan suaminya. Biasanya baju yang dibawa sebagai seserahan adalah baju yang identik atau sering dipakai oleh calon istri.

11. Underwear

Underwear menjadi salah satu yang masuk dalam daftar hantaran, meskipun banyak juga perempuan yang tidak mau yang memasukan Underwear kedalam daftar hantaran. Underwear adalah adalah pakaian dalam wanita yang ukurannya sesuai dengan calon penganten wanita.

12. Perhiasan

Perhiasan yang biasanya dibawa untuk seserahan adalah set perhiasan lengkap seperti kalung, cincin, anting dan gelang, tapi semuanya balik lagi ke pasangan masing masing. 

13. Snack dan Kue

Keluarga calon mempelai pria akan dengan bangga membawa kue tradisional khas daerahnya agar sedikit mengenalkan budaya mereka kepada keluarga sang calon istri.

14. Buah-buahan

Seserahan yang isinya aneka buah sudah wajib diboyong dari rumah, biasanya buah buahan yang dibawa itu yang mudah dibeli seperti pisang, apel, jeruk, pir, anggur, salak, melon dan lengkeng, atau kalau sedang musimnya bisa juga membawa mangga, manggis, rambutan atau bahkan durian.

15. Bumbu dapur

Masyarakat sunda biasanya menganggap bumbu dapur sebagai simbol pengingat bahwa rumah tangga yang akan dijalani kelak akan ada berbagai bumbu dan rasa, ada momen manis, pahit, suka dan duka yang harus dipadukan bersama sehingga rumah tangga akan menjadi nikmat dan bahagia.

Bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, sereh, daun jeruk, jinten, merica, ketumbar, kemiri, asem jawa, gula aren bahkan sampai bumbu penyedap rasa masako atau royco.

Nah, itulah  hantaran pernikahan yang wajib dibawa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut