15 Tempat Paling Angker di Semarang, Ada Sarang Wewe Gombel hingga Pocong

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Rabu, 14 September 2022 | 09:32 WIB
Lima belas tempat paling angker di semarang, ada sarang wewe gombel hingga pocong. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Lima belas tempat paling angker di semarang, ada sarang wewe gombel hingga pocong. Ada beberapa Tempat Paling Angker di Semarang. Kebanyakan dari tempat paling angker ini memiliki kisah mistis yang dipercayai oleh masyarakat setempat.   

Kota Semarang memiliki sejuta pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, wisata kuliner khas Kota yang dijuluki sebagai Kota Jamu ini. Semarang juga menjadi daya tarik tersendiri, ada beberapa tempat angker di Kota Semarang yang justru menarik dan sering dikunjungi.

Kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota ini menjadi kota metropolitan terbesar kelima yang ada di Indonesia. Kota Semarang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik seperti pegunungan, bangunan bersejarah, kuliner dan masih banyak lagi. 

Beberapa destinasi wisata bangunan bersejarah di Semarang memiliki kisah unik dan mistis yang sering diceritakan oleh masyarakat setempat. Lantas, dimana saja tempat paling angker di semarang? berikut tempat paling angker di Semarang yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022) : 

Tempat paling angker di semarang:

1. Rumah Spanyol

Rumah Spanyol berada di Jalan Teuku Umar Kota Semarang atau berada ditanjakan Jatingaleh. Jika Anda melewati jalan tersebut, akan nampak bangunan Rumah Spanyol yang menyeramkan.

Apalagi Rumah Spanyol ini dikelilingi oleh  pepohonan. Rumah ini dulunya ditempati seseorang bernama Gwi, yang konon katanya orang terkaya di Semarang. Namun orang yang pernah menempati rumah tersebut, tidak ada hantu. Rumah Spanyol hanya terkesan angker saja karena merupakan bangunan kuno.

2. Lawang Sewu 

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Semarang. Selain menawarkan berbagai spot menarik.  Tempat wisata yang satu ini juga terdapat cukup banyak cerita yang beredar mengenai angkernya wisata Lawang Sewu.

Konon katanya, banyak pengunjung yang mengaku pernah melihat berbagai penampakan seperti genderuwo, kuntilanak, tentara Belanda hingga sosok perempuan Belanda.

3 Tanjakan Gombel

Salah satu tempat yang paling terkenal angker di Semarang adalah jalanan Bukit Gombel di Ngesrep Kecamatan Banyumanik. Jalan ini dibangun pada masa kolonialisme Hindia Belanda yang dipimpin oleh Baron van Heeckeren. Pembangunan jalan ini sempat mendapatkan perlawanan sengit dari masyarat etnis Tionghoa. Pasalnya Bukit Gombel merupakan kawasan makam para leluhur Tionghoa yang pertama datang ke Semarang.

Tak terhitung lagi jumlah korban yang meregang maut di kawasan Bukit Gombel. Sosok-sosok gaib di Bukit Gombel konon selalu menggoda para pengendara agar menemui celaka. Godaan bisa bermacam-macam seperti menampkkan diri di pinggir jalan atau seakan menyebrang untuk membuat kaget pengendara yang melintas.

4. Rawa Pening 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Rawa Pening. Rawa Pening dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki cerita unik yakni legenda Baru Klinting yang menenggelamkan suatu desa. Terdapat banyak sekali cerita mistis yang beredar mengenai Rawa Pening. Salah satu cerita yang populer yaitu beberapa warga sekitar kerap melihat adanya Naga Baru Klinting yang dipercaya sebagai penunggu kawasan Rawa Pening. 

5. Tugu Soeharto 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Tugu Soeharto. Tempat yang satu ini berada di Jalan Menoreh Raya, Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Terdapat cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai tempat yang satu ini. Pada satu Suro, kerap diadakan ritual kungkum. Konon katanya di tempat ini ada banyak hewan gaib seperti monyet dan juga buaya putih. 

6. Gedung Marabunta 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Marabunta. Tempat ini berada di Jalan Cendrawasih nomor 23, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini merupakan gedung peninggalan Belanda yang dulunya digunakan untuk pertunjukan balet. Saat itu ada salah satu penari balet bernama Margaretha yang dihukum mati. Terdapat banyak cerita mistis yang beredar mengenai gedung yang satu ini. Salah satu cerita yang populer yaitu banyak yang mengatakan kerap muncul penampakan pagelaran balet gaib. 

7. Hotel Sky Garden di Bukit Gombel 

Bukit Gombel selama ini memang dikenal sebagai tempat paling angker di Semarang. Keangkeran Gombel tak terlepas dari banyaknya kisah misteri yang berasal dari tempat itu. Bahkan, menurut mitos yang beredar, Gombel merupakan asal dari makhluk halus Wewe Gombel.  Menurut Pamudji salah satu lokasi paling angker di Gombel terletak di kawasan Hotel Sky Garden. Hotel yang mangkrak sejak tahun 1982 atau 37 tahun silam itu dipercaya menjadi sarang tempat makhluk halus, mulai dari Wewe Gombel, Kuntilanak, hingga pocong.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini