Logo Network
Network

15 Tempat Paling Angker di Semarang, Ada Sarang Wewe Gombel hingga Pocong

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Rabu, 14 September 2022 | 09:32 WIB
15 Tempat Paling Angker di Semarang, Ada Sarang Wewe Gombel hingga Pocong
Lima belas tempat paling angker di semarang, ada sarang wewe gombel hingga pocong. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Lima belas tempat paling angker di semarang, ada sarang wewe gombel hingga pocong. Ada beberapa Tempat Paling Angker di Semarang. Kebanyakan dari tempat paling angker ini memiliki kisah mistis yang dipercayai oleh masyarakat setempat.   

Kota Semarang memiliki sejuta pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, wisata kuliner khas Kota yang dijuluki sebagai Kota Jamu ini. Semarang juga menjadi daya tarik tersendiri, ada beberapa tempat angker di Kota Semarang yang justru menarik dan sering dikunjungi.

Kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota ini menjadi kota metropolitan terbesar kelima yang ada di Indonesia. Kota Semarang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik seperti pegunungan, bangunan bersejarah, kuliner dan masih banyak lagi. 

Beberapa destinasi wisata bangunan bersejarah di Semarang memiliki kisah unik dan mistis yang sering diceritakan oleh masyarakat setempat. Lantas, dimana saja tempat paling angker di semarang? berikut tempat paling angker di Semarang yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022) : 

Tempat paling angker di semarang:

1. Rumah Spanyol

Rumah Spanyol berada di Jalan Teuku Umar Kota Semarang atau berada ditanjakan Jatingaleh. Jika Anda melewati jalan tersebut, akan nampak bangunan Rumah Spanyol yang menyeramkan.

Apalagi Rumah Spanyol ini dikelilingi oleh  pepohonan. Rumah ini dulunya ditempati seseorang bernama Gwi, yang konon katanya orang terkaya di Semarang. Namun orang yang pernah menempati rumah tersebut, tidak ada hantu. Rumah Spanyol hanya terkesan angker saja karena merupakan bangunan kuno.

2. Lawang Sewu 

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Semarang. Selain menawarkan berbagai spot menarik.  Tempat wisata yang satu ini juga terdapat cukup banyak cerita yang beredar mengenai angkernya wisata Lawang Sewu.

Konon katanya, banyak pengunjung yang mengaku pernah melihat berbagai penampakan seperti genderuwo, kuntilanak, tentara Belanda hingga sosok perempuan Belanda.

3 Tanjakan Gombel

Salah satu tempat yang paling terkenal angker di Semarang adalah jalanan Bukit Gombel di Ngesrep Kecamatan Banyumanik. Jalan ini dibangun pada masa kolonialisme Hindia Belanda yang dipimpin oleh Baron van Heeckeren. Pembangunan jalan ini sempat mendapatkan perlawanan sengit dari masyarat etnis Tionghoa. Pasalnya Bukit Gombel merupakan kawasan makam para leluhur Tionghoa yang pertama datang ke Semarang.

Tak terhitung lagi jumlah korban yang meregang maut di kawasan Bukit Gombel. Sosok-sosok gaib di Bukit Gombel konon selalu menggoda para pengendara agar menemui celaka. Godaan bisa bermacam-macam seperti menampkkan diri di pinggir jalan atau seakan menyebrang untuk membuat kaget pengendara yang melintas.

4. Rawa Pening 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Rawa Pening. Rawa Pening dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki cerita unik yakni legenda Baru Klinting yang menenggelamkan suatu desa. Terdapat banyak sekali cerita mistis yang beredar mengenai Rawa Pening. Salah satu cerita yang populer yaitu beberapa warga sekitar kerap melihat adanya Naga Baru Klinting yang dipercaya sebagai penunggu kawasan Rawa Pening. 

5. Tugu Soeharto 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Tugu Soeharto. Tempat yang satu ini berada di Jalan Menoreh Raya, Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Terdapat cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai tempat yang satu ini. Pada satu Suro, kerap diadakan ritual kungkum. Konon katanya di tempat ini ada banyak hewan gaib seperti monyet dan juga buaya putih. 

6. Gedung Marabunta 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Marabunta. Tempat ini berada di Jalan Cendrawasih nomor 23, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini merupakan gedung peninggalan Belanda yang dulunya digunakan untuk pertunjukan balet. Saat itu ada salah satu penari balet bernama Margaretha yang dihukum mati. Terdapat banyak cerita mistis yang beredar mengenai gedung yang satu ini. Salah satu cerita yang populer yaitu banyak yang mengatakan kerap muncul penampakan pagelaran balet gaib. 

7. Hotel Sky Garden di Bukit Gombel 

Bukit Gombel selama ini memang dikenal sebagai tempat paling angker di Semarang. Keangkeran Gombel tak terlepas dari banyaknya kisah misteri yang berasal dari tempat itu. Bahkan, menurut mitos yang beredar, Gombel merupakan asal dari makhluk halus Wewe Gombel.  Menurut Pamudji salah satu lokasi paling angker di Gombel terletak di kawasan Hotel Sky Garden. Hotel yang mangkrak sejak tahun 1982 atau 37 tahun silam itu dipercaya menjadi sarang tempat makhluk halus, mulai dari Wewe Gombel, Kuntilanak, hingga pocong.

8. Hutan Tinjomoyo 

Hutan Tinjomoyo dikenal menawarkan suasana yang masih sangat alami dan merupakan salah satu tempat paling angker di Semarang. Masyarakat setempat meyakini bahwa di kawasan hutan ini terdapat gerbang menuju tempat peristirahatan gaib. Konon katanya, gerbang tersebut dijaga oleh gumpalan api. Kawasan ini juga sempat ramai karena sempat terjadi kasus pembunuhan yang tidak terselesaikan hingga saat ini. 

9. Hotel Siranda 

Salah satu tempat paling angker di Semarang yang cukup populer adalah Hotel Siranda. Hotel yang satu ini kini telah tutup karena memiliki kesan yang seram. Terdapat banyak cerita mistis yang beredar mengenai hotel ini, salah satunya yaitu adanya arwah yang bergentayangan di kawasan hotel.  Hotel Siranda dulunya sempat menjadi tempat pembunuhan seorang wanita. Hal itulah yang menyebabkan kesan seram sehingga hotel ini semakin sepi pengunjung. Hotel Siranda dapat kalian kunjungi di kawasan Jalan Diponegoro Nomor 1, Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

10. Candi Gedong Songo 

Salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Semarang adalah Candi Gedong Songo. Tak hanya menawarkan banyaknya cerita bersejarah, candi ini juga dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Semarang.  Ada cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai Candi Gedong Songo. Konon katanya di kawasan Candi ini terdapat pasar gaib. Beberapa pengunjung yang pernah mengalami kesurupan dikarenakan tanpa sengaja masuk ke pasar gaib tersebut. 

11. Gereja Katholik St Yusuf Gedangan

Gereja Katholik St Yusuf adalah gereja megah yang berlokasi di Gedangan Kota Semarang. Dalam riwayat berdirinya, gereja ini pernah satu kali runtuh dan menyebabkan beberapa orang tewas tertimbun material bangunan. 

Seramnya, warga sekitar seringkali dihantui oleh sosok pastur bule yang mengelilingi bangunan gereja pada malam hari. Tak hanya itu, lonceng gereja juga kerap mengagetkan warga karena berbunyi tiba-tiba tanpa ada satupun yang menggerakkannya.

12. Gunung Ungaran 

Gunung Ungaran merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam sekaligus dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Semarang. Gunung yang satu ini terkenal dengan cerita mistis penampakan macan kumbang hitam berwarna hijau. Tak hanya itu, beberapa pendaki juga mengalami kejadian mistis. Salah satunya adanya pohon yang tertutupi oleh bayangan hitam besar.

Hal itu tentu membuat beberapa pendaki merasa takut. Gunung Ungaran tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat sekitar saja tetapi banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah lainnya. Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menarik serta suasana yang sejuk.

13. Sigar Bencah

Tembalang boleh jadi tempat paling hingar bingar di Semarang. Tapi, Tembalang juga menyimpan kisah misterinya tersendiri. Konon, ada beberapa tempat yang katanya penuh dengan arwah gentayangan di sekitaran Tembalang, salah satunya Sigar Bencah.

Ada salah satu pengendara mengaku melihat sosok perempuan di Sigar Bencah. Wakut itu ia sedang memacu motornya melewati jalan itu di tengah malam. Sementara desas desus lainnya, banyak yang mencium bau melati atau mendengar suara tangisan. 

14. Taman Wonderia

Taman bermain terbesar di Semarang ini telah dibuka pada tahun 2007. Namun pada bulan November 2007 pula terdapat kasus kecelakaan yang membuat taman bermain ini ditutup sementara dan baru dibuka kembali pada bulan April 2008. 

Melalui kanal YouTube Kisah Tanah Jawa, diceritakan bahwa Wonderia merupakan taman bermain yang dahulunya merupakan tempat pemakaman dan makam tersebut masih utuh sampai sekarang. Ditutupnya taman bermain Wonderia ini juga diakibatkan oleh desas-desus mistis yang menyebabkan berkurangnya pengunjung. Akhirnya, taman bermain yang sempat digadang-gadang sebagai Dufan-nya Semarang ini resmi ditutup oleh Pemerintah Kota Semarang pada tahun 2017. 

15. Benteng Pendem 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Benteng Pendem. Tempat yang satu ini dapat kalian kunjungi di daerah Bugisari, Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di belakang RSUD Ambarawa. Terdapat cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai tempat ini.  Tidak jarang Benteng Pendem dipilih sebagai tujuan bagi wisatawan yang penasaran dengan tempat wisata angker di Semarang. Meskipun dikenal angker dan memiliki banyak cerita mistis, benteng yang satu ini juga menawarkan wisata bangunan bersejarah yang sangat menarik dan tidak jarang dipilih sebagai tempat berfoto instagramable.

Nah, itulah lima belas tempat paling angker di semarang, ada sarang wewe gombel hingga pocong, semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.