get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Damkar Kuningan Barhasil Padamkan Kebakaran Lahan saat Tengah Malam

Selasa, 20 Agustus 2024 | 11:14 WIB
header img
Petugas Damkar berhasil memadamkan kebakaran lahan yang terjadi saat tengah malam di Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

"Kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 30 menit, tepatnya pada pukul 00.40 WIB. Dari hasil pemeriksaan di lokasi, dugaan awal penyebab kebakaran ini adalah puntung rokok yang dibuang sembarangan,”katanya.

Meskipun tidak ada kerugian materiil yang tercatat, kebakaran ini mengakibatkan kepulan asap yang cukup tebal, sehingga mengganggu pandangan dan pernapasan pengguna jalan yang melintas di sekitar lokasi kejadian. Selain itu, api yang menyala besar sempat membahayakan warga sekitar.

Setelah pemadaman, petugas Damkar memberikan edukasi kepada perangkat desa dan masyarakat setempat mengenai bahaya kebakaran serta pentingnya pencegahan. Mereka juga menyampaikan beberapa peraturan hukum terkait, yang mengatur sanksi pidana bagi pelaku pembakaran lahan.

"Kejadian seperti ini sering terjadi, terutama di musim kemarau. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada dan melaporkan segera jika melihat tanda-tanda kebakaran, agar bisa ditangani sebelum meluas,”imbaunya.

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya juga menekankan pentingnya peran aktif pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan dalam melakukan sosialisasi serta pengawasan terhadap aktivitas pembakaran lahan. Selain itu, masyarakat diimbau untuk segera melaporkan setiap kejadian kebakaran ke UPT Damkar Satpol PP Kuningan, agar dapat diambil tindakan cepat dan tepat.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut