get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Update Gempa di Kuningan: 38 Bangunan Rusak Tersebar di 12 Desa

Sabtu, 27 Juli 2024 | 20:51 WIB
header img
Puluhan bangunan baik rumah hingga sekolah maupun tempat ibadah mengalami kerusakan usai diguncang gempa bumi di Kuningan, Jabar. (Foto: BPBD Kuningan)

Pihaknya langsung melakukan upaya penanganan darurat, untuk terjun ke lokasi kejadian. BPBD telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan assessment dan memberikan bantuan logistik.

"Selain itu, kami juga melakukan inventarisasi data lokasi terdampak. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Dirinya menegaskan, jika hasil koordinasi dengan PVMGB dan BMKG menyatakan, gempa ini tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Ciremai. Penyebab gempa diperkirakan karena aktivitas sesar lokal dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Seperti diketahui, berdasarkan informasi dari BMKG gempa pertama berkekuatan 3,6 Magnitudo terjadi pada Kamis (25/7) sekitar pukul 04.01 WIB menjelang waktu Salat Subuh. Yakni dengan lokasi 6.98 LS - 108.51 BT (3 km Tenggara Kabupaten Kuningan) kedalaman 6 Kilometer.

Kemudian gempa susulan kedua terjadi pada Kamis (25/7) sekitar pukul 17.36 WIB jelang waktu Maghrib. Yakni berkekuatan 4,1 Magnitudo dengan pusat gempa di darat, 1 km Tenggara Kabupaten Kuningan, pada koordinat 6.98 LS, 108.50 BT dengan kedalaman 5 km.

Sedangkan gempa susulan ketiga berkekuatan 3,9 Magnitudo terjadi pada Jumat (26/7) sekitar pukul 10.49 WIB menjelang waktu Salat Jumat. Yakni dengan lokasi 6.92 LS - 108.46 BT (6 km Barat Laut Kabupaten Kuningan) kedalaman 8 Kilometer.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut