get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Tanggapi Isu Strategis Atas PU Fraksi PPP DPRD Kuningan

Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Kuningan: Upaya Mengatasi Kemiskinan dan Stunting

Sabtu, 01 Juni 2024 | 17:10 WIB
header img
Suasana saat acara pemberdayaan kelompok wanita tani untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Stunting Melalui Olahan Pangan di Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Wilayah Kabupaten Kuningan memiliki potensi lahan pekarangan yang luas. Yakni mencapai 10.000 hektare atau sekitar 36 persen dari total luas lahan pertanian, Sabtu (1/6). 

Potensi ini, menurut data statistik, belum dimanfaatkan secara optimal sebagai sumber penyedia bahan pangan bernilai gizi tinggi dan memiliki nilai ekonomi yang signifikan.

Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan potensi tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Dr Wahyu Hidayah menyampaikan bahwa sebagian besar lahan pekarangan masih belum dimanfaatkan untuk pertanaman aneka komoditas pertanian, terutama komoditas pangan.

Hal itu diungkapkan dalam acara pemberdayaan kelompok wanita tani untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Stunting Melalui Olahan Pangan (Misting Opa) di Desa Kalimanggis Kulon dan Desa Cidahu. Menurut Wahyu, program Misting Opa merupakan inisiatif Diskatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam sayur-sayuran sebagai sumber pangan yang beragam, bergizi, sehat, dan halal.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut