get app
inews
Aa Read Next : Satu Calon Jemaah Haji asal Kuningan Meninggal Dunia Sehari Sebelum Pemberangkatan

Ini Besaran Uang Zakat Fitrah di Kuningan, Setara Harga Beras Premium 2,5 Kg

Sabtu, 24 Februari 2024 | 21:08 WIB
header img
Baznas Kabupaten Kuningan, Jabar, telah menetapkan besaran zakat fitrah untuk tahun 2024 yakni 2,5 kilogram beras atau uang senilai Rp 40 ribu. (Foto: Andri)

Sekda Dian memaparkan, peraturan yang menjadi dasar pertimbangan penetapan zakat fitrah, yaitu Peraturan Menteri Agama nomor 52 Tahun 2014 tentang Syarat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Zakat untuk Usaha Produktif. Maka semua umat Islam di Kuningan agar menunaikan zakat fitrahnya, sehingga pendistribusian dapat berjalan optimal dan manfaatnya dirasakan oleh penerima zakat.

"Jadi dengan telah ditetapkan besaran zakat fitrah ini, semua umat muslim diimbau bisa menunaikan pembayaran zakat. Semoga pembayaran zakat fitrah bisa segera dilakukan, dimaksudkan agar pendistribusian dapat berjalan dengan optimal," kata Sekda Dian, Sabtu (24/2). 

Sementara itu, Ketua Baznas Kuningan Drs H R Yayan Sofyan MM menyampaikan, bahwa nilai zakat fitrah mengacu pada harga beras kualitas premium yang saat ini berada pada kisaran Rp 16 ribu per kilogram. Zakat fitrah dapat dikelola oleh Baznas atau unit pengumpul zakat yang dibentuk oleh Baznas, dengan delapan golongan penerima manfaat zakat fitrah, meliputi fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil.

"Jadi nilai zakat mengacu pada harga beras kualitas premium. Saat ini dijual dengan harga Rp 16 ribu/kg," terangnya.

Pihaknya mengajak, seluruh masyarakat muslim untuk berpartisipasi aktif dalam menunaikan zakat fitrah. Ini sebagai bentuk solidaritas sosial di bulan suci Ramadan.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut