get app
inews
Aa Read Next : Satu Calon Jemaah Haji asal Kuningan Meninggal Dunia Sehari Sebelum Pemberangkatan

PAM Tirta Kamuning Kuningan Revitalisasi Mata Air Cibangir, Kapasitas Naik 2 Kali Lipat

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:49 WIB
header img
PAM Tirta Kamuning Kuningan, Jabar, kini telah merevitalisasi Mata Air Cibangir demi meningkatkan ketersediaan layanan air bersih.(Foto: Ist)

Pj Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidajat saat meresmikan Bront Captering Mata Air Cibangir menekankan, pentingnya revitalisasi ini sebagai strategi jangka pendek pemerintah daerah, dalam menyediakan sumber air baku.

“Maka PAM Tirta Kamuning harus bisa memanfaatkan mata air yang tersedia tanpa merusak lingkungan,” ucapnya.

Dirinya mengajak untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon dan menjaga ekosistem. Sekaligus serta meminta pegawai PAM Tirta Kamuning untuk responsif terhadap keluhan masyarakat.

Sementara Direktur PAM Tirta Kamuning Kuningan, Dr Ukas Suharfaputra menjelaskan, jika revitalisasi bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat di tiga wilayah yakni Kramatmulya, Cigintung, dan Kuningan. Dengan perluasan ini, kapasitas penyediaan air meningkat dari 20 liter per detik menjadi 40 liter per detik.

“Meskipun populasi meningkat 1,17 persen per tahun, permintaan air baku naik 5-10 persen. Penurunan kapasitas sumber air baku, yang disebabkan oleh berkurangnya daya dukung lingkungan akibat konversi lahan, menjadi tantangan utama,” ujarnya.

Meski begitu, Ia optimis dengan potensi 750 titik mata air di Kuningan yang teridentifikasi dalam survei Bappeda tahun 1992. Namun saat ini baru 20 titik yang dimanfaatkan oleh PAM Tirta Kamuning.

“Kami menargetkan untuk beberapa wilayah bisa teraliri layanan air 24 jam. Tapi ini belum maksimal, karena tahap kedua kita akan aktifkan sumber mata air di Curug Mangkok,” imbuhnya.

Dia menyebut, jika tahun ini sudah ada penambahan debit air layanan dari beberapa titik mata air. Misalkan seperti Mata Air Cijalatong, Mata Air Cikulutuk, dan Curug Mangkok.

“Jadi kalau satu tahun bertambah 3 titik mata air saja, maka dalam kurun waktu 5 tahun sudah ada penambahan 5 titik. Targetnya seperti itu, kita ingin mengoptimalkan pelayanan terhadap pendistribusian air bersih ke seluruh pelanggan di Kabupaten Kuningan,” pungkasnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut