Logo Network
Network

Sejarah Desa Warukawung, Didirikan Ki Gede Penderesan sebagai Sarana Penyebaran Islam

Wafa Amatullah/Mg6
.
Selasa, 14 November 2023 | 11:03 WIB
Sejarah Desa Warukawung, Didirikan Ki Gede Penderesan sebagai Sarana Penyebaran Islam
Sejarah desa Warukawung yang merupakan salah satu desa di kecamatan Depok, kabupaten Cirebon, provinsi Jawa Barat. Foto: Ist

CIREBON, iNewsKuningan.id - Sejarah desa Warukawung yang merupakan salah satu desa di kecamatan Depok, kabupaten Cirebon, provinsi Jawa Barat. Sebagian besar penduduk desa Warukawung bermata pencaharian sebagai Wiraswasta.

Secara Administrasi Desa Warukawung adalah salah satu dari 12 Desa di wilayah Kecamatan Depok bagian kabupaten Cirebon, yang mempunyai luas wilayah sekitar 174 Ha. Tak hanya itu, desa Warukawung juga memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. 

Sejarah Desa Warukawung 

Zaman dahulu Desa Warukawung yang babak yasa ialah Embah Sangkan Kuwu Cirebon. Konon kabarnya beliau tidak mau disebut namanya, tetapi cukup disebut Ki Gede Penderesan saja. Semula tujuan pokoknya beliau bermaksud menyebarkan Agama Islam di pelosok dusun, yang kini tapak petilasannya disebut Ki Buyut Cabuk. 

Sebenarnya bukan Cabuk tetapi Cisabuk, karena semenjak pindah tempat dari pemukimannya, beliau meninggalkan sabuknya dekat sungai Cisabuk, yaitu tempat persiaran peribadatan. 

Tak hanya mengembangkan ajaran Agama Islam, disamping itu pula beliau berwiraswasta membuat gula aren (enau) dari pohon kawung. Memang di tempat itu banyak pohon Kawung dan Waru yang tumbuh subur, begitulah alasan desa itu disebut Desa Warukawung.

Desa Warukawung berdiri pada tahun 1985 dan merupakan pemekaran wilayah dari kelurahan Waruroyom kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon. Sejak berpisah dengan kelurahan Waruroyom, Desa Warukawung sudah beberapa kali mengalami pergantian kepemimpinan kepala desa.

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini