Logo Network
Network

Mitos atau Fakta Ibu Hamil Tidak Boleh Melihat Gerhana Bulan, Ini Penjelasan Medisnya

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Jum'at, 06 Januari 2023 | 16:37 WIB
Mitos atau Fakta Ibu Hamil Tidak Boleh Melihat Gerhana Bulan, Ini Penjelasan Medisnya
Mitos atau fakta ibu hamil tidak boleh melihat gerhana bulan, ini penjelasan medisnya. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsKuningan.id Mitos atau fakta ibu hamil tidak boleh melihat gerhana bulan, ini penjelasan medisnya. Setiap keli terjadi gerhana bulan, ada sebagain masyarakat yang mempercai untuk tidak melihat peristiwa alam tersebut, khususnya untuk ibu hamil.

Gerhana sendiri adalah salah satu peristiwa alam yang sering kali menghebohkan masyarakat. Sejumlah mitos pun beredar sejak jaman dahulu yang berkaitan dengan fenomena ini, termasuk berbagai larangan untuk ibu hamil saat gerhana bulan berlangsung.

Bahkan ada juga yang memilih untuk bersembunyi dibawah tempat tidur selama proses gerhana berlangsung. Mitos yang beredar adalah ibu hamil juga tidak boleh keluar rumah karena berbahaya terkena pancaran gerhana.

lantas Mitos atau fakta ibu hamil tidak boleh melihat gerhana bulan, ini penjelasan medisnya?. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (6/1/2022) berikut penjelasaan terkait mitos atau fakta ibu hamil tidak boleh melihat gerhana bulan.

Mitos atau fakta ibu hamil tidak boleh melihat gerhana bulan:

1. Wanita hamil dilarang keluar rumah

Gerhana dipercaya sebagaian masyarakat Indonesa membawa roh-roh jahat yang dapat menggangu keselamatan ibu dan bayi. Bisa jadi ini disarankan karena suasana akan menjadi gelap saat gerhana.

Sementara di masa lalu penerangan di luar rumah masih minim karena tidak ada listrik. Kondisi ini tentu dapat berisiko kecelakaan bagi ibu hamil. 

Namun anjuran ini sepertinya sudah tidak berlaku di masa sekarang karena di luar rumah biasanya sudah diterangi oleh lampu. Meski begitu, tetaplah berhati-hati terhadap risiko bahaya yang mungkin terjadi di luar, baik saat gerhana maupun saat kondisi biasa.

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.