get app
inews
Aa Read Next : Andi Gani Putra Daerah asal Desa Haurkuning Kabupaten Kuningan Ditunjuk Jadi Penasihat Ahli Kapolri

Jutaan Ikan di Waduk Jatiluhur Mendadak Mati Masal, Diduga Lantaran Cuaca Buruk

Selasa, 03 Januari 2023 | 20:41 WIB
header img
Jutaan ikan di Waduk Jatiluhur mendadak mati masal, diduga lantaran cuaca buruk. Foto: Dok.iNews.id.

PURWAKARTA, iNewsKuningan.id - Jutaan ikan di Waduk Jatiluhur mendadak mati masal, diduga lantaran cuaca buruk. Cuaca buruk yang terjadi hampir seminggu terakhir membuat jutaan ekor ikan air tawar mati massal di Keramba Jaring Apung (KJA) Waduk Jatuhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Akibatnya, ratusan petani KJA di waduk terbesar di Indonesia ini merugi hingga ratusan juta rupiah. Kematian massal ikan air tawar ini paling besar terjadi di zona V, wilayah Pasir Kole dan Pasirlaya, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani dan Desa Kitamanah, Kecamatan Sukasari.

"Kondisi seperti ini sudah dirasakan sejak Minggu 1 Januari 2023 malam. Tiba-tiba saja ikan mengambang, dan terus berlanjut hingga Senin 2 Januari sore ini," kata Nono Supriatna, salah seorang petani KJA Jatiluhur, Senin (2/1/2023).

Menurutnya, kematian ikan secara massal ini disebabkan akibat cuaca buruk. Kurang dari satu minggu terakhir langit mendung secara terus menerus.

Akibat tidak ada mata hari, air waduk berubah suhu menjadi dingin. Kondisi ini membuat arus air dari dasar waduk naik dan juga sebaliknya, yang disebut Up-welling atau Umbalan.

Fenomena ini adalah pembalikan masa air, karena adanya perbedaan kerapatan (berat jenis) akibat perbedaan suhu air di antaranya kedua lapisan kolom air. Salah satu faktor pemicu kematian massal ikan yang disebabkan oleh fenomena umbalan adalah banyaknya limbah organik di dasar perairan yang berasal dari daratan maupun aktivitas budidaya dalam KJA yang ada di waduk.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut