get app
inews
Aa
Read Next : Waduh! Korban Gempa Cianjur Ditagih Sewa Lahan Rp1,5 Juta, Ini Kata Bupati

53 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Ini Kata Ridwan Kamil

Jum'at, 09 Desember 2022 | 23:05 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berbincang dengan Presiden Jokowi saat meninjau korban gempa di Kabupaten Cianjur. Foto: DOK.iNews.id.

"Keadaan warga relatif lebih baik, trauma healing sudah dilakukan di mana-mana, saya monitor di daerah pelosok anak-anak relatif terjaga mentalnya," ujar Kang Emil meyakinkan.

Kang Emil pun menyambut baik bertambahnya nominal bantuan renovasi rumah yang rusak akibat gempa dari pemerintah pusat.

Diketahui, saat meninjau korban gempa Cianjur, Kamis (8/12/2022) kemarin, Presiden Jokowi menyatakan, bantuan renovasi naik menjadi Rp60 juta untuk rumah rusak berat, Rp30 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp15 juta untuk rumah rusak ringan.

"Hari ini diputuskan naik jadi Rp60 juta, Rp30 juta, dan Rp15 juta untuk rusak berat, sedang, dan ringan," sebutnya.

Kang Emil berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian besarnya kepada warga Cianjur. Sejak gempa mengguncang Kabupaten Cianjur, 21 November 2022 lalu, kata Kang Emil, Presiden Jokowi terhitung sudah empat kali mengunjungi warga terdampak.
"Masyarakat Cianjur sangat berterima kasih dan mengapresiasi Presiden yang sudah hadir empat kali ke Cianjur," kata Kang Emil.

Diketahui, Presiden Jokowi dalam kunjungan keempat kalinya ke Cianjur mengumumkan penambahan bantuan renovasi rumah korban gempa Cianjur. Besaran bantuan tersebut mengacu pada bantuan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu, Sulawesi Tengah.

"Tadi malam saya hitung-hitung lagi dan tadi pagi saya sudah menyampaikan ke Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani) ada uang atau tidak? Ternyata ada sedikit," ungkap Jokowi.

Dengan begitu, bantuan renovasi rumah penyintas gempa Cianjur menjadi Rp60 juta, Rp30 juta, dan Rp15 juta.

"Hari ini sudah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk bapak ibu semuanya," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menuturkan, Indonesia memiliki pengalaman membangun rumah tahan gempa di Palu dan Lombok. Pembangunan rumah tahan gempa tersebut, akan diterapkan untuk korban gempa Cianjur.

"Kita sudah memiliki pengalaman membuat rumah tahan gempa di Palu dan NTB, kita juga akan terapkan di sini agar semua rumah yang dibangun kembali sudah dengan konstruksi tahan gempa," kata Jokowi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut