get app
inews
Aa Read Next : 2 Tim Mahasiswa Uniku Lolos PKM Kemendikbudristek Dikti RI

Bandung Masih Jadi Kota Tertinggi Kasus HIV

Kamis, 01 Desember 2022 | 16:31 WIB
header img
Bandung masih jadi Kota Tertinggi Kasus HIV. Foto: Istimewa.

"Data infeksi baru kelompok remaja ternyata ada di 55% kita punya data estimasi ambil data validasi sama data dilapangan," ucapnya.

"Perlu dilakukan untuk program penanggulangan AIDS pada kelompok perempuan, termasuk remaja perempuan. Tidak punya kendali penuh atas kesehatan, seksualnya atau cara pencegahan diri dari penyakit, perlu dilakukan penyesuaian program pada setiap wilayah," kata Krittayawan menjelaskan.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong anak muda untuk melakukan deteksi dini kesehatan. Guna mencegah penularan AIDS, berdasarkan data didominasi oleh mereka yang berusia 19-59 tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktorat Promkes dan PM Kementerian Kesehatan, Dra. Herawati, MA. Ia mengatakan kasus banyak menyerang, anak muda di usia produktif, maka perlu pencegahan sebelum menikah.

"Penyakit AIDS pada usia produktif sih 19 sampai 59 tahun yang masih bekerja, di kalangan usia produktif. Untuk penularannya dari ibu hamil ke anak, maka harus diedukasi, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para catin (calon pengantin), kalau sehat itu ada sertifikatnya dan bisa lanjut untuk menikah dan memperkecil penularan,” terang Dra. Herawati.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut