get app
inews
Aa Read Next : Serahkan Santunan kepada Ahli Waris, Risma Minta Korban Gempa Cianjur Berhemat

BMKG Pastikan Gempa Cianjur Terjadi Akibat Aktivitas Sasar Cimandiri

Senin, 21 November 2022 | 18:58 WIB
header img
BMKG pastikan gempa Cianjur terjadi akibat aktivitas sasar Cimandiri. Foto: DOK.iNews.id.

JAKARTA, iNewsKuningan.id BMKG pastikan gempa Cianjur terjadi akibat aktivitas sasar Cimandiri. adan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan lokasi gempa bumi hari ini berpusat di wilayah Sukabumi.

Episenter terletak pada koordinat 6,86° LS; 107,01° BT, atau tepatnya wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km. Tak hanya itu, gempa tersebut terjadi akibat aktivitas sesar Cimandiri. Dari hasil analisis ditemukan bahwa gempa bumi kali ini terjadi akibat pergerakan geser strike-slip.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat aktivitas sesar Cimandiri. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser strike-slip," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Senin (21/11/2022). 

Akibat gempa tersebut, getaran dirasakan mayoritas di Kota Cianjur dengan skala intensitas V-VI MMI, di mana getaran dirasakan oleh semua penduduk. "Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar," katanya. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut