get app
inews
Aa Read Next : Ini 6 Potret Polwan Cantik yang Viral, Bikin Netizen Klepek-Klepek

Dengan Luas Tanah Hanya 1.3 Meter, Ini Penampakan Rumah Unik di Solo

Senin, 07 November 2022 | 09:58 WIB
header img
Dengan luas tanah hanya 1.3 meter, ini penampakan rumah unik di Solo. (Foto: Tangkap layar)

Meski begitu, rumah yang ditempati pasangan suami istri bernama Joko Priyanto dan Sri Maryani ini memang sengaja membuat rumah dengan ukuran kecil tersebut. Menurut Joko, rumah tersebut dibeli seharga Rp36 juta pada 2001 dan dari awal ukurannya memang sudah mungil.

Namun, meski terlihat mungil dan sempit, bagian dalam rumah tersebut ternyata cukup luas bahkan mampu menampung empat orang anggota keluarga Joko.  Rumah mungil tersebut memiliki denah rumah berbentuk seperti huruf “b” yang memanjang di luar dan lebar di dalam, bagian garasi dan lorong memang cukup sempit. 

Ukuran garasi dan lorong hanya selebar 1 meter dan difungsikan sebagai garasi motor dan jalur keluar masuk rumah. Meskipun memiliki area lorong yang hanya berukuran selebar 1 meter, namun bagian dalam rumah milik Joko Priyanto ini ternyata cukup luas. Pasalnya, rumah tersebut juga memiliki ruang tamu, kamar mandi, dapur dan kamar tidur di bagian lantai bawah.

Selain itu, ruang tamu di rumah mungil itu pun terasa cukup leluasa untuk dijadikan sebagai area berinteraksi dengan keluarga dan beberapa perabotan lain, mulai dari meja, kursi, lemari, sebuah piano dan aquarium. Bahkan, bagian dapur rumah ini pun terasa cukup leluasa hingga bisa dilengkapi lemari perabotan, area memasak dan bak cuci piring. 

Rumah mungil ini pada awalnya hanya terdiri dari satu lantai dan belum diperluas dengan tambahan lantai dua. Namun, seperti dijelaskan pemiliknya, karena dulu atap rumah tersebut ambrol maka Joko memutuskan untuk merehab rumah tersebut dengan menambah lantai dua. 

Joko lantas berinisiatif membuat beberapa ruang tambahan seperti dua kamar tidur, kamar mandi, ruang hiburan dan ruang santai, serta ruang terbuka di lantai dua. Selain fungsinya sebagai ruang utama, lantai dua juga sering digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan barang-barang keluarga.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut