get app
inews
Aa
Read Next : Siap Maju Calon Bupati Kuningan, 2 Dokter Ini Daftar ke PPP Kuningan

Viral! Nenek Telan 55 Baterai, Ini Alasannya

Sabtu, 24 September 2022 | 16:11 WIB
header img
Viral nenek ini telan 55 batrai, dunia maya digegerkan dengan aksi nenek yang berusia 66 tahun. (Foto: Istimewa)

Kasus menelan benda asing seperti ini biasanya terjadi pada anak-anak. Kejadian paling umum adalah si anak menelan baterai, lalu benda asing tersebut akan melewati tubuh tanpa menyebabkan kerusakan. 

Namun, hal itu dapat menjadi musibah ketika benda asing tersebut tersangkut di tenggorok. Pasalnya, benda asing itu dapat menyebabkan cedera parah dan bahkan mengancam nyawa. Kenapa bisa mematikan? 

"Air liur yang terpapar baterai memicu munculnya arus listrik dan kalau sudah begitu menimbulkan reaksi kimia yang dapat membakar kerongkongan dan menyebabkan kerusakan jaringan yang parah hingga pendarahan," tulis laporan lebih lanjut. 

"Karena itu, seseorang yang menelan baterai tidak bisa disepelekan, harus segera dilakukan pengangkatan jika benda asing tersebut tersangkut di dalam tubuh," tambah laporan itu. 

Nah, pada kasus wanita 66 tahun itu, mesin pemindai X-ray berhasil menangkap citra keberadaan baterai di perutnya. Baterai tersebut tampak tidak menghalangi saluran gastrointestinal (GI). Selain itu, tidak ada baterai yang menunjukan tanda-tanda kerusakan struktural. 

Selang seminggu pengamatan, dokter melakukan laparotomi pada wanita tersebut, yang mana dokter bedah membuat sayatan di perut untuk menjangkau baterai. Dokter menemukan bahwa keberadaan baterai ini memicu perut si perempuan buncit dan kram di area atas tulang kemaluan. 

Tidak pikir lama, dokter membuat sayatan kecil di perut dan mengeluarkan baterai dari organ dalam tubuh. Tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana kondisi wanita tua itu saat ini, semoga sehat dan dalam keadaan baik-baik saja.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut