Begini Kondisi Timor Leste Setelah Memisahkan Diri dari NKRI

Rizky Darmawan/Net Kuningan
.
Selasa, 20 September 2022 | 17:41 WIB
Begini kondisi Timur Leste setelah memisahkan diri dari NKRI. (Foto: Istimewa)

Perkembangan yang meningkat

José Manuel Ramos-Horta juga mengungkapkan bahwa selama 15 tahun terakhir negaranya tersebut mengalami perkembangan yang pesat terkait pengembangan energi listrik dan cyber optic. Sebuah penelitian dari World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa pada tahun 2018, Timor Leste telah menyelesaikan kasus wabah malaria yang sebelumnya telah membunuh banyak orang. 

Meningkatnya jumlah dokter yang sebelumnya hanya berjumlah 19 pada tahun 2002 menjadi lebih dari 1000 dokter di tahun 2019 juga menjadi pemicu kesehatan di negara ini meningkat. 

Jalin hubungan baik dengan Indonesia

Selain itu negara yang didominasi agama Katolik ini memiliki demokrasi yang dinamis mereka juga membebaskan media sosial tanpa melakukan berbagai penyensoran yang tidak perlu. 

Di tengah banyak negara tetangga bersitegang seperti Rusia yang menginvasi Ukraina dan China dengan tindakan kontroversinya ke Taiwan, Timor Leste justru memiliki hubungan yang baik dengan Indonesia. Belum pernah terdapat konflik besar yang membuat kedua negara bersitegang meskipun dulunya pernah menjadi satu kesatuan. 

Timor Leste juga mengimpor 70% sebagian besar kebutuhannya dari Indonesia. Hal ini juga demi menjalin hubungan baik antar kedua negara.

Nah, itulah kondisi  Timur Leste setelah memisahkan diri dari NKRI, somoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin
Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini