Begini Kondisi Timor Leste Setelah Memisahkan Diri dari NKRI

Rizky Darmawan/Net Kuningan
.
Selasa, 20 September 2022 | 17:41 WIB
Begini kondisi Timur Leste setelah memisahkan diri dari NKRI. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKuningan.id - Begini kondisi Timur Leste setelah memisahkan diri dari NKRI. Timor Leste yang dulu dikenal sebagai Timor Timur telah memisahkan diri dari negara Indonesia pada 2002 silam.

Kemerdekaannya pun telah diakui oleh dunia. Sebelumnya Timor Timur merupakan salah satu bagian dari Indonesia. Namun pada 30 Agustus 1999 dilakukanlah pemungutan suara untuk memilih masih ingin bersama bangsa Indonesia atau menjadi negara sendiri.

Pada akhirnya referendum yang didukung Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tersebut memberikan jalan untuk terlepas dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

Lantas bagaimana kondisi Timor Leste setelah menjadi negara sendiri? Jawaban untuk pertanyaan ini sempat dijawab oleh Presiden Timor Leste José Manuel Ramos-Horta di berbagai media. 

Kondisi Timur Leste setelah memisahkan diri dari NKRI

Masih Menghadapi Masalah kemiskinan dan Kekurangan gizi

Leste José Manuel Ramos-Horta menyebutkan, setelah Timor Leste lepas dari Indonesia, negara tersebut telah menjadi negara yang damai dan man serta memiliki tingkat kriminalitas yang rendah.

Namun Timor Leste masih memiliki beberapa masalah serius seperti kemiskinan dan kekurangan gizi. Dikatakan juga negara ini masih belum dapat menyelesaikan masalah ketahanan pangan. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini