Ada Karang Menyerupai Layar Perahu di Pantai Tanjung Layar, Diyakini Ditendang Sangkuriang

Fajar Hendra Jaya/Net Kuningan
.
Senin, 05 September 2022 | 19:37 WIB
Ada karang menyerupai layar perahu di Pantai Tanjung Layar, dikyaini ditendang Sangkuriang. (Foto: Istimewa)

Legenda Sangkuriang 

Konon katanya, gugus karang tersebut erat kaitannya dengan legenda Sangkuriang. Karang tersebut diyakini sebagai layar dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang karena merasa kesal dibohongi oleh Dayang Sumbi yang lama kelamaan membatu dan menjadi gugus karang di pantai Tanjung Layar. 

Selain itu fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap dan memadai seperti area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola,  warung makanan serta penginapan. Kemudian, terdapat beberapa jasa penyewaan alat water sport seperti snorkeling dan surfing karena di Pantai Tanjung Layar memiliki ombak yang bagus untuk berselancar. 

Lokasinya berada di Desa Sawarna, memiliki jarak 150 kilometer dari Rangkasbitung dan harus menempuh waktu selama 2,5 jam. Harga tiket masuk Pantai Tanjung Layar cukup murah, yaitu Rp5.000 per orang.  Biaya tersebut sudah termasuk biaya masuk pantai lainnya yang berada di sekitar pantai Tanjung Layar. 

Untuk lokasi Pantai Tanjung Layar tidak bisa dilewati oleh mobil.  Pengunjung yang menggunakan mobil bisa menitipkan di rumah warga dan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki karena akses menuju pantainya cukup sulit dan kurang mendukung untuk dilintasi oleh mobil. 

Itulah beberapa informasi sebelum kamu mengunjungi Pantai Tanjung Layar, di Desa Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak. Semoga informasi diatas mampu membantumu dalam menjalankan liburan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini