Logo Network
Network

5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, dari Gorengan Hingga Daging

Diana Rafikasari/Net Kuningan
.
Minggu, 04 September 2022 | 23:13 WIB
5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, dari Gorengan Hingga Daging
Lima makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi, ada makanan yang dikonsumsi setiap hari. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Lima makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi, dari gorengan hingga daging. Lima makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi, Ada makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi banyak dikonsumsi setiap hari. Sayangnya, tak semua orang sadar akan hal tersebut.

Akibatnya, alih-alih dihindari, makanan ini justru dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Padahal, kadar kolesterol yang melonjak dalam darah bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan serius. 

Mulai dari stroke, penyakit jantung dan serangan jantung yang mana semuanya tidak menimbulkan gejala atau memberikan peringatan. Sementara beberapa kolesterol dalam makanan mungkin baik-baik saja, namun banyak lemak jenuh tidak. 

Diet tinggi lemak jenuh dikaitkan dengan peningkatan kolesterol darah dan risiko penyakit jantung. Karena itu, para ahli merekomendasikan untuk membatasi atau menghindari makanan tinggi kolesterol. 

Berikut daftar makanan pantangan bagi penderita kolesterol tinggi dilansir dari Cleveland Clinic, Minggu (4/9/2022).

Daftar Makanan Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi:

1. Makanan yang Dipanggang dan Manisan

Cookies, cake, dan donat biasanya mengandung mentega atau shortening, yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Makanan ini juga cenderung penuh gula, yang dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah, lemak darah tidak sehat (lipid) yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner. 

Sebagai gantinya, buat makanan penutup Anda sendiri di rumah, pilih resep yang tidak perlu mentega atau banyak mentega. Ini juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi resep dan mengurangi jumlah gula yang digunakan, menjadi setengah atau tiga perempat dari jumlah yang disarankan. 

Anda juga dapat menikmati buah panggang sebagai makanan penutup, atau mengganti saus apel dengan telur atau mentega dalam kue Anda.

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.