Logo Network
Network

Punya Motor Listrik? ini 4 Penyedia Layanan Ganti Baterai di Indonesia

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:49 WIB
Punya Motor Listrik? ini 4 Penyedia Layanan Ganti Baterai di Indonesia
Empat penyedia layanan ganti baterai motor listrik di Indonesia. (Foto: Istimewa)

3. Honda Mobile Power Pack

SPBKLU dari Honda ini hanya cocok dipakai oleh baterai dari skuter Honda PCX Electric. Honda menghadirkan fasilitas penukaran baterai berjuluk Honda Mobile Power Pack.

Adapun lokasi Honda Mobile Power Pack baru terdapat pada tiga titik di Jakarta. Diantaranya main dealer Honda, seperti di Gunung Sahari, Tanah Abang dan Dewi Sartika Cawang. Skema yang ditawarkan pada SPBKLU ini adalah sebagai paket pendukung penyewaan Honda PCX Electric yang sampai saat ini belum dijual umum.

2. Oyika

Oyika memberikan pelayanan beragam mulai dari brand Viar, Rakata, Elfindo hingga Selis. Bahkan kedepannya Oyika juga tengah menjajaki kerjasama dengan Gesits dan kini sudah masuk tahap produksi penyesuaian dudukan baterainya.

Sementara untuk spesifikasi baterainya, Oyika menyajikan varian 60 volt 11 Ah. Nantinya di motor akan dipasang paralel dua baterai 60 volt 22 ah. Dengan dukungan dua baterai tersebut, daya jelajahnya diprediksi mencapai 60 km.

Selama penggunaannya, konsumen bebas mengganti unit baterai yang dibutuhkan. Saat ini, Oyika memiliki SPBKLU sebanyak 32 titik di Jabodetabek dengan penambahan 25 titik hingga akhir tahun. Sementara skema yang ditawarkan adalah penyewaan unit bersama motornya sebesar Rp 265 ribu perpekan.

1. SWAP Battery System

SWAP Battery System merupakan SPBKLU yang khusus diperuntukan mengisi baterai motor listrik Smoot Tempur. Di mana baterai yang sudah terpakai bisa ditukar dengan yang sudah terisi penuh di SWAPPoin, atau stasiun pengisian daya baterai. Proses pergantian baterai ini hanya memakan waktu 9 detik saja.

Lokasi pengisian SWAPPoin hanya ada di wilayah Jabodetabek dengan 182 titik pengisian. Adapun lokasinya mualai dari minimarket hingga SPBU Shell. Lokasi SWAPPoin dan ketersediaan baterai  melalui aplikasi SWAP di smartphone.

Tarif pengisian baterai SWAP:
Rentang 100 km tarif Rp 20 ribu, jangka waktu 30 hari.
Rentang 250 km tarif Rp45 ribu, jangka waktu 60 hari.
Rentang 500 km seharga Rp80 ribu, jangka waktu 60 hari.

Itulah empat penyedia layanan ganti baterai motor listrik yang ada di Indonesia untuk saat ini, semoga dapat menambah wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.