get app
inews
Aa Read Next : Miris, Gadis Penyandang Disabilitas Disetubuhi Tukang Parkir Sampai 2 Kali di Kuningan

5 Ide Liburan Akhir Pekan ke Kuningan, Banyak Wisata Alam Asri dan Instagramable

Jum'at, 24 Juni 2022 | 09:55 WIB
header img
Suasana Telaga Biru Cicerem yang ramai dikunjungi wisatawan (foto: miftahudin)

KUNINGAN, iNews.id - Jelang akhir pekan menjadi momen mengasyikkan untuk liburan ke berbagai daerah, salah satunya Kuningan Jawa Barat menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Banyak tempat wisata alam di Kuningan yang masih asri dan belum banyak terpapar polusi. Selain itu banyak juga destinasi wisata yang ciamik dan juga Instagramable. 

Mengutip dari https://cirebon.inews.id/ berikut adalah 5 rekomendasi wisata alam di Kuningan, Jawa Barat.

1. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.070 mdpl. Taman Nasional Gunung Ciremai termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Kuningan dan Majalengka dengan luas kurang lebih 15.500 hektare, berbatasan langsung dengan 25 desa di Kabupaten Kuningan dan 20 desa di Kabupaten Majalengka.

Dikutip dari laman resmi Kabupaten Kuningan, kawasan TNGC sebagian besar merupakan hutan alam primer (virgin forest) yang dikelompokkan ke dalam hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan dan hutan pegunungan sub alpin. Gunung Ciremai merupakan gunung api soliter dengan kawah ganda (barat dan timur) dengan radius 600 meter dan kedalaman 250 meter.

Oleh sebab itu, taman nasional Gunung Ciremai adalah destinasi wisata alam di Kuningan Jawa Barat yang wajib dikunjungi. Pemandangan alam Gunung Ciremai yang indah dilengkapi dengan beberapa air terjun dan kawah membuat pengalaman travelling Anda semakin lengkap.

2. Kawasan Gunung Tilu

Secara administratif, Gunung Tilu masuk ke dalam wilayah Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.

Hutan di kawasan Gunung Tilu sangat potensial dan memiliki arti penting bagi kehidupan masyarakat sekitarnya.

Pasalnya, kawasan ini merupakan lokasi hulu tiga sungai besar di wilayah Kuningan timur yakni sungai-sungai Citaal, Cijangkelok dan Cikaro. 

Kebanyakan hutan di kawasan ini masih berupa hutan alam yang berstatus hutan lindung. Keanekaragaman hayati yang dikandungnya adalah luar biasa, mengingat lingkungan di sekitarnya merupakan wilayah pemukiman yang relatif padat.

Bagi traveler pencinta alam, kawasan Gunung Tilu dapat menjadi objek wisata yang perlu dieksplorasi.

3. Waduk Darma

Selain gunung, ada juga waduk yang dapat menjadi tujuan wisata alam di Kuningan, Jawa Barat. Kawasan ini terletak di Jalan Lk. Waduk Darma, Jagara, Darma, Kabupaten Kuningan. 

Tempat ini merupakan waduk yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Memiliki luas 425 hektare, waduk ini memiliki fungsi penting bagi irigasi lahan pertanian masyarakat sekitar. Waduk ini juga cocok untuk rekreasi bersama keluarga dan termasuk wisata yang ramah anak hingga orang dewasa. Terdapat beberapa aktivitas wisata seperti mini train, taman bermain anak, hingga flying fox.

4. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem berlokasi di Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Seperti namanya, objek wisata ini merupakan destinasi yang menyuguhkan kawasan telaga dengan air yang sangat jernih dan berwarna biru.

Saking jernihnya, ikan-ikan yang menghuni telaga ini bisa dilihat secara kasat mata dengan jelas. Bahkan, tempat ini mendapat julukan sebagai Blue Lake dari Kuningan.

Setiap sudut tempat ini dapat menjadi spot foto yang menarik. Tempat yang paling hits untuk berpose adalah ayunan di tengah telaga. Kawasan wisata alam ini dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan harga tiket Rp10.000 saja per orang.

5. Wisata Cibulan

Cibulan adalah objek wisata berupa pemandian yang disebut menjadi objek wisata tertua di Kuningan. Bagaimana tidak, objek wisata ini telah diresmikan sejak 1939 silam.

Terdapat dua kolam pemandian yang cukup besar dan 7 sumber mata air yang dikeramatkan. Sebagai tempat rekreasi, wisata Cibulan memiliki beberapa mitos. 

Diyakini, ikan-ikan yang berada di kolam tersebut merupakan jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena tidak setia.

Disebutkan juga, jumlah ikan-ikan tersebut selama ini tidak bertambah atau berkurang alias tetap.

Tempat ini berlokasi di Maniskidul, Jalaksana, Kuningan. Wisata Cibulan menjadi salah satu objek wisata alam di Kuningan Jawa Barat yang perlu untuk dikunjungi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut