get app
inews
Aa Read Next : Petugas Sidak SPBU di Kuningan Jelang Arus Mudik, Semua Mesin Dinyatakan Aman

Perhatikan Arti Kode SPBU Pertamina, Jadi Tahu Lokasi dan Kepemilikan

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:33 WIB
header img
Arti kode angka pada SPBU Pertamina berbeda-beda yang menunjukkan lokasi dan pengelola (Foto: doc. Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Arti kode angka pada SPBU Pertamina ternyata berbeda-beda. Di balik deretan angka tersebut ternyata mengandung keterangan kepemilikan dari sebuah perusahaan atau korporasi. Pernahkan kamu memperhatikan kode angka di bagian atas plang SPBU Pertamina yang sering kamu kunjungi?

Kode-kode angka SPBU itu juga merupakan strategi pemasaran Pertamina dalam membedakan jenis SPBU yang dioperasikan di seluruh Indonesia. Masih banyak dari pelanggan yang jarang memperhatikan kode angka yang tertera pada papan informasi di bagian depan SPBU.

Bagi Pulau Jawa, wilayah kerja Pertamina terbagi dalam tiga regional, yaitu regional 3, 4 dan 5. Sedangkan di Sumatera, wilayah kerja terbagi dalam dua wilayah, yaitu regional 1 dan 2. Untuk Kalimantan, kode yang berlaku, yakni 6, Sulawesi 7 dan Papua 8.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022) telah merangkum arti kode angka pada SPBU Pertamina, sebagai berikut.

Arti Kode Angka pada SPBU Pertamina
Mengutip dari laman resmi MyPertamina, berikut adalah beberapa kode SPBU yang bisa kamu simak:

1. CODO (Angka 3)
Tipe kode yang pertama adalah Corporate Owner Dealer Operate. CODO adalah nomor kode yang menunjukkan bahwa pom bensin atau SPBU tersebut dimiliki oleh Pertamina, namun dikelola oleh pihak swasta.

2. DODO (Angka 4)
Tipe kode yang kedua adalah Dealer Owner Dealer Operate. DODO adalah nomor kode yang menunjukkan bahwa pom bensin atau SPBU tersebut dimiliki dan dikelola seluruhnya oleh pihak swasta.

3. COCO (Angka 1)
Tipe kode yang terakhir adalah Corporate Owner Corporate Operate. COCO adalah nomor kode yang menunjukkan bahwa pom bensin atau SPBU tersebut dimiliki dan dikelola seluruhnya oleh Pertamina (BUMN).

Cara Membedakan Kode Angka SPBU
Umumnya, pada plang nama dan harga setiap bahan bakar yang terpampang di bagian depan SPBU Pertamina, kita bisa melihat kode-kode tersebut dengan jelas. Sebagai contoh, dalam plang SPBU terpampang angka 34.XXXXX, angka yang berada di awal tersebut adalah kode wilayah seperti Jawa Barat.

Kemudian, angka kedua setelah keterangan wilayah adalah kode kepemilikan. Apabila angka tiga, hal ini menunjukkan bahwa pom bensin tersebut adalah milik Pertamina namun dikelola juga oleh pihak swasta (CODO). Lalu, jika tertera angka 4 hal ini menunjukkan bahwa pom bensin tersebut sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta (DODO). Sedangkan milik Pertamina seutuhnya biasanya diberi kode dengan angka satu.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut