Perubahan APBD Kuningan Tahun 2024 Ditetapkan, Pendapatan Daerah Naik Rp 221,675 Miliar

Andri Yanto
Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kuningan, Jabar, bersama TAPD telah merampungkan pembahasan soal Perubahan APBD TA 2024 hingga disetujui untuk ditetapkan. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kuningan, Jabar, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah merampungkan pembahasan soal Perubahan APBD TA 2024. Hasilnya, terdapat peningkatan pendapatan daerah yang signifikan meski terjadi penurunan di beberapa sektor.

Perubahan APBD Kuningan 2024 ini telah resmi ditetapkan melalui rapat paripurna pada Jumat (30/8). Juru Bicara Banggar DPRD Kuningan, Kang Yaya menyampaikan secara garis besar mencerminkan adanya peningkatan pendapatan daerah yang signifikan.

"Dalam perubahan APBD 2024 ini, pendapatan daerah diproyeksikan mencapai Rp 3,115 triliun lebih, mengalami kenaikan sebesar Rp 221,675 miliar lebih dari sebelumnya 2,890 triliun lebih," kata Kang Yaya, Anggota Fraksi PKS DPRD Kuningan.

Peningkatan itu, terutama berasal dari pendapatan transfer. Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami sedikit penurunan.

"Rincian PAD yang semula direncanakan sebesar Rp 438,997 miliar lebih menurun menjadi Rp 376,294 miliar lebih. Penurunan ini dipicu oleh berkurangnya penerimaan dari Pajak Daerah sebesar Rp 69,806 miliar lebih, meski sektor retribusi daerah mengalami peningkatan sebesar Rp 4,348 miliar lebih," ucapnya.

Pihaknya melihat adanya dinamika dalam pendapatan daerah, dimana pendapatan transfer dari pemerintah pusat dan antar daerah justru mengalami peningkatan yang cukup besar. Pendapatan transfer dari pemerintah pusat meningkat sebesar Rp 173,264 miliar lebih, sedangkan dari antar daerah naik Rp 111,096 miliar lebih.

"Selain pendapatan, Perubahan APBD 2024 juga mencakup peningkatan belanja daerah yang mencapai Rp 3,150 triliun lebih atau naik Rp 169,317 miliar lebih dari sebelumnya. Alokasi belanja ini meliputi berbagai sektor, termasuk belanja modal yang mengalami peningkatan signifikan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia menyebut, jika belanja modal juga naik cukup signifikan. Yakni dari Rp 198,978 miliar lebih menjadi Rp 359,227 miliar lebih yang dialokasikan untuk belanja modal tanah, peralatan, dan mesin.

"Dalam sektor pembiayaan daerah, penerimaan juga mengalami peningkatan dari Rp 92,515 miliar lebih menjadi Rp 96,440 miliar lebih. Namun, pengeluaran pembiayaan daerah melonjak drastis dari Rp 2 miliar menjadi Rp 62 miliar, yang sebagian besar dialokasikan untuk pembayaran cicilan pokok utang yang jatuh tempo," jelasnya.

Dengan perubahan ini, lanjutnya, posisi Perubahan APBD Kuningan 2024 berada dalam kondisi balance. Ini menunjukkan keseimbangan antara pendapatan dan belanja yang direncanakan.

Perubahan ini diharapkan dapat mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Kuningan, dengan tetap menjaga kestabilan anggaran dan pemanfaatan dana yang efektif dan efisien.***

Editor : Andri Yanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network