get app
inews
Aa Read Next : Gema Jabar Hejo Kuningan Soroti Tumpukan Sampah di Sungai Cigede

Pengendara Dibuat Kaget saat Operasi Lodaya, Ternyata Polantas Kuningan Beri Helm Gratis

Kamis, 17 Oktober 2024 | 12:07 WIB
header img
Satlantas Polres Kuningan, Polda Jabar, terus mensosialisasikan keselamatan berkendara bagi masyarakat di Kuningan, Jabar. (foto: andri)

Operasi Zebra Lodaya 2024 yang kini tengah berlangsung, Kamis (17/10), terus mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis. Penegakan hukum dilakukan secara elektronik melalui sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), baik statis maupun mobile.

"Operasi ini merupakan bagian dari Cipta Kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar),” jelas Sigit.

"Kami ingin mengurangi angka kecelakaan dengan pendekatan humanis, namun tetap menindak tegas pelanggaran yang berpotensi membahayakan keselamatan," sambungnya.

Ia menambahkan, bahwa operasi ini akan fokus pada pelanggaran-pelanggaran utama seperti tidak memakai helm SNI, menggunakan ponsel saat berkendara, berboncengan lebih dari dua orang, melawan arus, dan kendaraan melebihi kapasitas. Kemudian pengemudi di bawah umur, tidak memakai sabuk pengaman, berkendara di bawah pengaruh alkohol, serta melebihi batas kecepatan.

Operasi ini melibatkan unsur TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kuningan, yang ditempatkan di titik-titik rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Selain penindakan, Satlantas Polres Kuningan juga akan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami juga menargetkan pengguna knalpot bising yang mengganggu kenyamanan berkendara. Diharapkan masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama,”tutupnya.***

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut