get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Dinding Rumah Warga Ambruk, BPBD Kuningan Lakukan Penanganan Darurat

Kamis, 12 September 2024 | 13:17 WIB
header img
Sebuah rumah di Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jabar, mengalami kerusakan parah usai turun hujan deras di wilayah tersebut. (Foto: Ist)

Kronologis kejadian menunjukkan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Desa Haurkuning sejak sore hingga malam hari. Hujan inilah yang memicu ambruknya tembok rumah tersebut.

Penanganan darurat segera dilakukan setelah kejadian dilaporkan. Aparat Desa Haurkuning langsung berkoordinasi dengan aparat Kecamatan, TNI, POLRI, serta BPBD Kabupaten Kuningan.

"Kami segera menurunkan tim assessment ke lokasi kejadian dan memberikan bantuan logistik untuk kebutuhan mendesak," katanya.

Pembersihan material bangunan pun dilakukan dengan melibatkan aparat desa, TNI, POLRI, dan masyarakat setempat secara bergotong royong. Selain itu, pemasangan penyanggah bambu dan terpal juga dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada bangunan.

Meskipun cuaca di lokasi saat ini berawan, BPBD Kuningan tetap memantau situasi untuk mengantisipasi kejadian serupa.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memenuhi kebutuhan material bangunan, agar rumah yang rusak dapat segera diperbaiki," tambahnya.

Penanganan darurat ini diharapkan dapat membantu keluarga korban untuk sementara waktu, sambil menunggu langkah perbaikan lebih lanjut. BPBD Kuningan menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi bencana, terutama saat musim hujan.***

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut