get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Tradisi Saptonan dan Panahan Meriahkan Rangkaian Hari Jadi ke-526 Kuningan

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 19:40 WIB
header img
Ribuan warga memadati lapangan sepak bola di Kabupaten Kuningan, Jabar, demi menyaksikan tradisi Saptonan dan Panahan. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Ribuan warga Kabupaten Kuningan, Jabar, memadati Lapangan Sepak Bola Desa Ancaran untuk menyaksikan gelaran tradisi kearifan lokal dalam rangka Hari Jadi ke-526 Kuningan, Sabtu (31/08). Acara ini menampilkan pertunjukan kolosal yang mengangkat tradisi raja Kuningan zaman dulu, termasuk tari persembahan, tari panahan, doa, dan pembacaan sinopsis sapton.

Acara dimulai dengan penampilan yang menggambarkan Kerajaan Kajene (Kuningan) beserta para pejabatnya seperti Raja, Adipati, patih, mantri jero, dan tumenggung. Pertunjukan diiringi dengan parade keprajuritan, atraksi seni dari masing-masing kademangan, ketangkasan berkuda, dan panahan tradisional.

Tiga kademangan yakni Jayagiri, Mandalajaya, dan Bratasanjaya masing-masing menampilkan atraksi seni dan upeti (seba) kepada Pj Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidajat. Hadir pula Pj Sekda Kuningan Dr H Asep Taufik Rohman beserta pimpinan SKPD di lingkup pemerintahan daerah.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut