get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Bangunan Ambruk dan Lantai Rumah Amblas di Kuningan, BPBD Turunkan Tim Assessment

Selasa, 20 Agustus 2024 | 12:22 WIB
header img
Peristiwa kebencanaan kembali terjadi di Kabupaten Kuningan, Jabar, yakni berupa rumah ambruk dan lantai bangunan amblas. (Foto: BPBD Kuningan)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Peristiwa kebencanaan kembali terjadi di Kabupaten Kuningan, Jabar. Sebanyak dua bangunan rumah milik warga rusak akibat ambruk dan lantai rumah amblas.

Peristiwa rumah ambruk di wilayah Cibingbin, dan lantai bangunan amblas di wilayah Kuningan. Bahkan tim assessment BPBD Kuningan telah diturunkan ke lokasi kejadian.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana menyampaikan, bahwa pihaknya segera merespons kejadian tersebut dengan menurunkan tim assessment dan bantuan logistik. Bangunan ambruk di Desa Cipondok, Cibingbin menimpa rumah milik Salem (72).

"Bangunan pada bagian belakang rumah milik Ibu Salem ambruk. Rumah berukuran 12x7 meter itu mengalami kerusakan parah di bagian dinding belakang yang meliputi dapur, gudang, dan kamar mandi," ungkapnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. "Dinding rumah yang ambruk disebabkan oleh kondisi material yang sudah rapuh, ditambah dengan angin kencang yang melanda wilayah tersebut pada hari itu," jelas Indra Bayu Permana.

Kerusakan ini tidak hanya menimbulkan kerugian material bagi pemilik rumah, tetapi juga mengancam rumah di bawahnya yang dihuni oleh Carka (50) beserta keluarganya yang terdiri dari empat orang. Tim BPBD Kuningan bekerja sama dengan aparat desa, kecamatan, TNI, dan POLRI untuk menangani situasi ini. Upaya darurat telah dilakukan dengan menurunkan tim assessment dan bantuan logistik ke lokasi.

"Meski demikian, ancaman keruntuhan lanjutan pada dinding dan atap masih ada, sehingga pengerahan massa untuk menurunkan puing-puing baru akan dilaksanakan setelah musyawarah oleh pihak desa," terangnya.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut