get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Kepala Diskatan Kuningan Ingatkan Petani Tembakau Pentingnya Manajemen Keuangan

Kamis, 15 Agustus 2024 | 12:01 WIB
header img
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskatan) Kuningan, Dr Wahyu Hidayah saat kunjungan ke kebun tembakau di Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

Menurutnya, pengelolaan keuangan yang efektif adalah kunci keberhasilan petani tembakau. Melalui bimbingan ini, diharapkan petani dapat memahami dan menerapkan kebijakan dalam manajemen keuangan sehari-hari.

Wahyu juga menyoroti pentingnya teknik budidaya tembakau yang efisien, termasuk pemilihan varietas, penanaman, perawatan, dan panen, untuk menghasilkan tembakau berkualitas tinggi.

"Perencanaan dan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran, serta analisis pasar sangat penting bagi kesejahteraan petani tembakau," ungkapnya.

Dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi, Wahyu mengingatkan petani akan perlunya mengenal inovasi terbaru dalam teknologi pertanian, termasuk alat modern dan praktik pertanian berkelanjutan.

"Bimtek ini merupakan langkah penting untuk memastikan petani tembakau di Kuningan, memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk beradaptasi dengan perkembangan industri tembakau, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas dan memperkuat posisi tembakau Kabupaten Kuningan di pasar," jelasnya.

Selama bimbingan teknis itu, peserta juga membahas strategi pengelolaan anggaran, pemantauan arus kas, dan perencanaan finansial untuk mengoptimalkan hasil panen. Selain itu, informasi mengenai program dukungan pemerintah dan peluang akses keuangan juga disampaikan kepada peserta.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut