get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Fraksi PKS Tekankan Pemda Kuningan Lakukan Evaluasi dan Efisiensi Anggaran

Rabu, 07 Agustus 2024 | 17:59 WIB
header img
Suasana saat rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

"Kenaikan alokasi anggaran belanja sebesar Rp 131,464 miliar dari alokasi belanja sebelum perubahan menunjukkan, bahwa pemerintah daerah masih belum efisien dalam penggunaan anggaran. Kenaikan anggaran belanja yang tinggi dan boros ini harus menjadi perhatian serius," tandasnya.

Fraksi PKS mengusulkan beberapa langkah efektif untuk diambil oleh pemerintah daerah dalam mengelola anggaran. Beberapa di antaranya melakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi kebutuhan utama daerah seperti infrastruktur dasar, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

"Kemudian fokus pada program prioritas, alokasikan anggaran lebih banyak pada program dan proyek yang memberikan dampak besar dan langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. Libatkan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam proses perencanaan, untuk memastikan kebutuhan dan prioritas mereka tercermin dalam anggaran," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta, agar pemda melakukan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran. Lalu evaluasi program secara berkala terhadap program dan proyek, untuk memastikan anggaran digunakan secara efisien dan efektif.

"Hentikan atau alihkan anggaran dari program atau proyek yang tidak memberikan hasil yang diharapkan. Publikasikan laporan keuangan dan anggaran secara terbuka, sehingga masyarakat dapat memantau penggunaan anggaran," bebernya.

Pihaknya menekankan pula, agar melakukan audit secara rutin oleh lembaga internal dan eksternal untuk memastikan tidak ada penyelewengan anggaran. Diharapkan, langkah-langkah itu dapat membantu dalam mengelola anggaran secara lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut