get app
inews
Aa Read Next : 2 Varietas Tembakau Lokal Kuningan Resmi Tersertifikasi, Pj Bupati Dorong Pengembangan Lahan

Festival UMKM Santri di Kuningan Dorong Kemandirian Pondok Pesantren

Senin, 15 Juli 2024 | 14:41 WIB
header img
Pergerakan Relawan Kemanusiaan dan Lingkungan Indonesia (PRKI) sukses mengadakan Festival UMKM Santri di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Pergerakan Relawan Kemanusiaan dan Lingkungan Indonesia sukses menyelenggarakan Festival UMKM Santri yang digelar di Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jabar. Acara ini menarik antusiasme besar dari ratusan warga yang memadati lokasi festival.

Festival tersebut tidak hanya menampilkan bazar produk dari 40 pesantren di Jabar, tetapi juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik seperti lomba jalan sehat dan lomba hadroh tingkat provinsi. Acara semakin meriah dengan pentas seni yang dipersembahkan oleh para santri pesantren.

Ketua Umum PRKI, Luthfi Hizba Rusydia ST MSc menjelaskan, bahwa kerjasama dengan PLN Peduli dalam penyelenggaraan festival ini bertujuan untuk memajukan ekonomi di pondok pesantren. "Kami berupaya mengangkat dan merevitalisasi ekonomi kreatif UMKM di wilayah ini," ujarnya.

Sebelum pelaksanaan Festival UMKM Santri, PRKI telah memberikan pembinaan kepada santri pesantren, mulai dari pengembangan UMKM hingga strategi pemasaran produk. "Kami telah melakukan pelatihan intensif selama tiga bulan dengan melibatkan narasumber nasional, untuk mempersiapkan mereka dari nol hingga produk siap pasar," tambahnya.

Pihak PRKI juga menegaskan komitmennya, untuk terus mendampingi dan mengawal para santri pesantren dalam mengembangkan produk-produk UMKM hingga dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut