get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Dinas Pertanian Kuningan Bangun Rumah Burung Hantu di Kawasan Lahan Pertanian Warga

Minggu, 14 Juli 2024 | 19:57 WIB
header img
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Jabar, membangun rumah burung hantu di kawasan lahan pertanian warga untuk kendalikan Hama tikus. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id– Dalam upaya mengendalikan hama tikus yang menyerang areal pertanian di beberapa wilayah, Pemerintah Indonesia meluncurkan Gerakan Masal Bangun Rubuha (Rumah Burung Hantu) secara nasional. Di Kabupaten Kuningan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian turut serta dengan membangun Rubuha tersebut, Minggu (14/7). 

Rumah Burung Hantu (Rubuha) adalah struktur buatan yang dirancang khusus untuk menarik dan mendukung populasi burung hantu, yang secara alami merupakan predator dari hama pertanian seperti tikus, kumbang, dan serangga lainnya. Upaya ini dianggap murah, mudah, dan ramah lingkungan.

"Jadi kami melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal) dalam rangka pengendalian serangan tikus, dengan membangun atau membuat Rumah Burung Hantu. Ini adalah upaya pengendalian tikus secara efektif, efisien, murah, dan memiliki nilai konservasi tinggi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Dr Wahyu Hidayah. 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut